UMM Institutional Repository

PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA PRASEKOLAH DI TK YANG MENGGUNAKAN METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DENGAN TK YANG MENGGUNAKAN METODE NON-BCCT

Gunawan, (2011) PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA PRASEKOLAH DI TK YANG MENGGUNAKAN METODE BCCT (BEYOND CENTER AND CIRCLE TIME) DENGAN TK YANG MENGGUNAKAN METODE NON-BCCT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-gunawan078-22586-bab+1.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-gunawan078-22586-Pendahlu-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prasekolah Anak-anak yang mengikuti pendidikan prasekolah umumnya melakukan penyesuaian sosial yang lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengikuti pendidikan prasekolah. Didalam penyelenggaran pendidikan prasekolah menggunakan dua metode pembelajaran yakni metode pembelajaran BCCT (Beyond Center and Circle Time) dan metode pembelajaran Non-BCCT. Kedua metode pembelajaran tersebut memiliki perbedaan dalam metode pembelajarannya Adapun tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui perbedaan penyesuaian sosial siswa prasekolah yang menggunakan metode BCCT dan metode Non-BCCT. Manfaat dari penelitian ini yakni untuk membantu pendidik di prasekolah dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai untuk anak. Dalam penelitian ini sebanyak 70 anak sebagai sampel yang berasal dari dua sekolah. 35 anak berasal dari TK Al-Ghoniya dan 35 anak berasal dari TK Al-Masithoh. Data diambil dengan menggunakan skala penyesuaian sosial disekolah dan skala penyesuaian sosial di sekolah. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan penyesuaian sosial disekolah antara siswa di TK yang menggunakan metode BCCT dengan siswa di TK yang menggunakan metode Non-BCCT dimana nilai signifikansi t sebesar 0,022. Penelitian ini juga membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan penyesuaian sosial dirumah antara siswa di TK yang menggunakan BCCT dengan TK yang Non-BCCT dimana nilai signifikansi t sebesar 0,466. Berdasarkan uji T diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan penyesuaian sosial siswa prasekolah di TK yang menggunakan metode BCCT dengan TK yang menggunakan metode Non-BCCT. Untuk itu metode BCCT dapat diterapkan di TK untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:36
Last Modified: 14 Jun 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31995

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo