UMM Institutional Repository

PERILAKU IMPULSIF DALAM PEMBELIAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI KONSUMEN

Indriastuti, Endah Lestari (2011) PERILAKU IMPULSIF DALAM PEMBELIAN DITINJAU DARI KONSEP DIRI KONSUMEN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-afikasulha-22591-BAB+1.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-afikasulha-22591-Pendahul-n.pdf

Download (652kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kecenderungan perilaku impulsif dalam pembelian ditinjau dari konsep diri konsumen. Dalam penelitian ini konsep diri konsumen dibagi menjadi dua kategori, yaitu konsep diri interdependen dan konsep diri independen. Konsep diri interdependen adalah konsep diri yang dimiliki oleh individu yang lebih berfokus pada atribut ekstrenal (seperti status, hubungan dan peran atau bagian dalam lingkungan sosial), konsep diri independen adalah konsep diri yang dimiliki oleh individu yang lebih berfokus pada atribut internal dan berperilaku sesuai dengan keinginan dan tujuan pribadinya. Penelitian ini menggunakan penelitian noneksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah dan telah melakukan kegiatan belanja dan mengalami impulse buying saat berbelanja di pusat perbelanjaan yang berada di kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dimana sampelnya berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala kecenderungan perilaku impulsif dalam pembelian (impulsive buying) yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan sampel terhadap impulsive buying yang menggunakan skala jenis Likert dan skala konsep diri yang digunakan untuk mengetahui jenis konsep diri subyek (interdependen dan independen) yang menggunakan jenis skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan teknik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kecenderungan perilaku impulsif dalam pembelian yang sangat signifikan antara konsumen yang memiliki konsep diri interdependen dan konsumen yang memiliki konsep diri independen (thitung = 4,683, sig = 0,000). Konsumen yang memiliki konsep diri interdependen lebih tinggi kecenderungan perilaku impulsf dalam pembeliannya (x = 116,67) daripada konsumen yang memiliki konsep diri independen (x = 95,35). Hal ini dikarenakan konsumen yang memiliki konsep diri interdependen lebih mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya, sementara konsumen yang memiiki konsep diri independen lebih otonom dalam melakukan pembelian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:33
Last Modified: 14 Jun 2016 07:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31994

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo