UMM Institutional Repository

KONFLIK INTERPERSONAL PADA NARAPIDANA WANITA

Andriani, Likita Gustin (2012) KONFLIK INTERPERSONAL PADA NARAPIDANA WANITA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--likitagust-27674-1-pendahul-n.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--likitagust-27674-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Sebagai Negara yang masih kental dengan budaya ketimuran, Indonesia masih memegang teguh kepercayaan bahwa seorang wanita yang baik merupakan wanita yang memiliki sopan santun dan memiliki kelembutan, baik dalam tutur kata maupun tindakan. Namun melalui data statistik yang diperoleh dalam salah satu LPW Kelas IIA Malang periode 2011, terdapat peningkatan kuota penghuni LPW dalam beberapa bulan diawal tahun. Diketahui pula melalui hasil proses wawancara awal beberapa konflik sering muncul diantara narapidana, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik interpersonal pada narapidana wanita. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan penelitian kualitatif. Dengan batasan istilah konflik interpersonal adalah pertentangan yang melibatkan dua individu atau lebih yang bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti melalui keinginan, kebutuhan, tujuan, dan kepentingan yang menyebabkan hambatan dan gangguan kepada individu yang lain. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah enam narapidana dengan dua informan petugas LPW. Jenis data dalam penelitian ini adalah primer. Wawancara adalah metode utama pengumpulan data. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan dan pelaksanaan penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif secara deskriptif. Pengujian keabsahan data penelitian dilakukan dengan cara triangulasi sumber. Dari hasil penelitian ditemukan tiga macam konflik interpersonal pada narapidana wanita dengan karakteristik yang berbeda, yaitu: konflik interpersonal narapidana vs narapidana, konflik interpersonal narapidana vs tamping, dan konflik interpersonal tamping vs tamping. Konflik interpersonal ketiganya dapat disebabkan dari empat hal utama yaitu keinginan (wants), kebutuhan (needs), tujuan (goals), dan kepentingan (interest).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:38
Last Modified: 14 Jun 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo