UMM Institutional Repository

MAKNA KERJA BAGI PRIA DEWASA BEBERAPA KALI BERPINDAH TEMPAT KERJA

Paramitha, Wibi (2011) MAKNA KERJA BAGI PRIA DEWASA BEBERAPA KALI BERPINDAH TEMPAT KERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wibiparami-21796-01+PENDA-N.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wibiparami-21796-02+BAB+1.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Usia dewasa merupakan usia dimana seseorang telah menentukan tujuan hidup dan membentuk kehidupan yang diinginkan. Proses menjadi dewasa bisa didapat melalui berbagai pengalaman yang didapat. Salah satunya dengan mendapatkan pekerjaan yang dapat menjadi salah satu pembuktian kemandirian seorang pria dewasa. Adanya fase konsolidasi karir juga menjadi salah satu identitas perkembangan karir usia dewasa. Yakni antara usia 30-40 tahun dimana karir individu semakin stabil. Pada tahap tersebut individu memiliki komitmen yang lebih besar terhadap pekerjaan seiring bertambahnya usia. Dalam hal ini terdapat proses yang kemungkinan masih berkembang untuk memantapkan fase tersebut. Proses yang ada di dalamnya termasuk mencoba hal baru dalam hidup atau pekerjaan salah satunya dengan berpindah tempat kerja untuk mencapai tahap konsolidasi karir. Dari beberapa gambaran perkembangan karir pria dewasa, terdapat makna yang berbeda pula dalam melakukan pekerjaan. Makna kerja diartikan saat pekerja mengalami perasaan yang penuh arti, berharga dan berguna. Hal tersebut dapat dilihat melalui sikap positif dan mencintai pekerjaan serta cara bekerja yang mencerminkan keterlibatan pribadi pada pekerjaannya. Manusia berkehendak untuk hidup secara bermakna sehingga dapat memotivasi dirinya. Karena hasrat inilah memotivasi seseorang untuk bekerja, berkarya, dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya agar hidupnya dapat menjadi lebih berharga dan dihayati secara bermakna Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis data deskriptif, yakni hasil yang didapat berupa kata-kata dari subyek. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara pedoman umum, yakni peneliti dilengkapi pedoman wawancara yang sangat umum, yang mencantumkan isu-isu yang harus diliput tanpa menentukan urutan pertanyaan, bahkan mungkin tanpa bentuk pertanyaan eksplisit.. Subyek yang digunakan adalah pria dewasa usia antara 30-40 tahun yang telah pindah tempat kerja lebih dari tiga kali yang disebabkan karena keinginan pribadi. Pemilihan subyek menggunakan teknik teknik snow-ball, yakni pengggalian data melalui wawancara mendalam dari satu responden ke responden lainnya dan seterusnya sampai peneliti tidak menemukan informasi baru lagi. Jumlah subyek penelitian kali ini sebanyak tiga orang. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa makna kerja bagi pria dewasa yang sering berganti pekerjaan sebagai suatu yang dapat dirasakan menjadi seseorang yang berharga dan berguna sehingga pekerjaan lebih berarti dan bergairah dengan tantangan dan pengalaman baru. Bagi mereka tidak ada kata berhenti dalam belajar dan mendapatkan hal baru dalam hidup. Sehingga semakin banyak seseorang berpindah tempat kerja, semakin kompleks pula makna kerja yang didapat. Selain itu menjadi dewasa bukan hanya mapan secara materi, namun juga pikiran dan telah merasakan kebebasan menjalani dan menikmati hidup yang bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:22
Last Modified: 14 Jun 2016 07:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31988

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo