UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA KALANGAN KELUARGA INTI TKI

Ahsanah, Misbahatul (2011) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA KALANGAN KELUARGA INTI TKI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-misbahatul-22594-BAB+I.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-misbahatul-22594-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumtif merupakan tindakan yang lebih memenuhi keinginan dari pada kebutuhannya sendiri demi mencapai kepuasan. Hal ini dapat dilihat pada pola seseorang membeli barang dengan maksud membeli produk/barang karena adanya hadiah, kemasannya menarik, atas pertimbangan harga (bukan manfaat barangnya), membeli produk demi menjaga penampilan diri dan gengsi, hanya sekedar menjaga simbol status, membeli produk dengan harga mahal akan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi, dan mencoba produk yang sejenis (merk berbeda). Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang belum terpenuhi akan kebutuhan self esteemnya, untuk itu agar terpenuhi kebutuhan self esteemnya maka seseorang akan berperilaku konsumtif dengan tujuan agar bisa diterima dan diakui oleh lingkungannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan perilaku konsumtif pada kalangan keluarga inti TKI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian ini adalah berasal keluarga inti TKI di desa Payaman Lamongan yang berjumlah 70 orang. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala perilaku konsumtif yang terdiri dari 40 item (µ = 0,820) dan skala self esteem yang terdiri dari 26 item (µ = 0,847). Metode analisa data yang digunakan adalah korelasi product moment dan dibantu dengan program SPSS for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui r = -0,545 dan p = 0,000 (p<0,01). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara self esteem dengan perilaku konsumtif pada kalangan keluarga inti TKI. Efektifitas regresi dalam penelitian ini adalah sebesar 0,297, artinya self esteem mempunyai sumbangan efektif sebesar 29,7 % terhadap perilaku konsumtif, sedangkan70,3 % ditentukan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:28
Last Modified: 14 Jun 2016 07:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31987

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo