UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA

AULIA, ZULFA (2011) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KESEPIAN PADA LANJUT USIA YANG TINGGAL BERSAMA KELUARGA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-zulfaaulia-21798-1.+PENDA-N.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-zulfaaulia-21798-BAB+I.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Meningkatnya angka harapan hidup pada lanjut usia (lansia) kemungkinan akan menimbulkan berbagai masalah dari berbagai sisi, baik itu dari pribadi lansia sendiri, keluarga maupun masyarakat. Permasalahan yang timbul pada lansia dapat berupa permasalahan fisik maupun psikologis. Salah satu masalah psikologis yang sering dialami oleh lansia adalah kesepian. Perubahan pola kehidupan tradisional menuju pola kehidupan modern dalam masyarakat menyebabkan lansia lebih rentan untuk mengalami kesepian meskipun mereka tinggal bersama keluarga. Terdapat beberapa prediktor bagi munculnya kesepian, salah satunya yaitu dukungan sosial. Telah banyak penelitian yang mencoba menghubungkan dukungan sosial dengan tingkat kesepian. Meskipun demikian, dukungan sosial dan tingkat kesepian yang terjadi berbeda-beda, tergantung pada tingkatan usia dan budaya dari populasi sehingga peneliti tertarik untuk meneliti hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat kesepian pada populasi dan usia yang berbeda dari penelitian sebelumnya, yang meneliti populasi mahasiswa di Tulsa Oklahoma USA. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat kesepian pada lansia yang tinggal bersama keluarga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para lanjut usia yang tinggal di Pringgabaya Lombok Timur. Sampel dalam Penelitian ini adalah para lanjut usia yang tinggal bersama keluarga dan masih mampu berkomunikasi dengan baik. Metode pengumpulan data adalah skala, yaitu skala dukungan sosial dan kesepian. Adapun metode analisa data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS 17.0 for windows. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang negatif dan sangat signifikan antara dukungan sosial dengan kesepian pada lanjut usia yang tinggal bersama keluarga dengan nilai koefisien korelasi r = -0. 734 dan probabilitas kesalahan p = 0. 000 < 0. 01. Artinya semakin tinggi dukungan sosial yang dimiliki lanjut usia yang tinggal bersama keluarga maka semakin rendah kesepiannya. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial yang dimiliki lanjut usia yang tinggal bersama keluarga maka semakin tinggi kesepiannya. Sumbangan efektif dukungan sosial terhadap kesepian yaitu sebesar 53, 9%. Sedangkan sisanya 46, 1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Seperti faktor kepribadian, faktor harga diri, faktor pendidikan, dan faktor status sosial ekonomi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:14
Last Modified: 14 Jun 2016 07:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31984

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo