UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN PRODUK KOSMETIK

Utami, Risma Puteri (2011) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN LOYALITAS MEREK PADA KONSUMEN PRODUK KOSMETIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rismaputer-22600-BAB+I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rismaputer-22600-PENDAHUL-N.pdf

Download (924kB) | Preview

Abstract

Konsumen merupakan salah satu hal penting bagi produsen, sehingga setiap produsen akan berusaha semaksimal mungkin mempertahankan konsumennya. Loyalitas sendiri bisa diperoleh apabila konsumen merasa puas terhadap merek produk yang diproduksi oleh produsen. Oleh karena itu, produsen akan berusaha untuk menciptakan suatu merek yang sesuai dengan harapan konsumennya agar terciptanya keloyalan konsumen terhadap merek. Produsen tidak bisa sembarangan dalam menciptakan Suatu merek produk, produsen harus bisa mengetahui merek atau produk seperti apa yang diharapkan oleh konsumen. Dalam hal ini, kosmetik sebagai suatu barang yang secara berkelanjutan dibutuhkan oleh konsumen berupaya untuk ’mengikat’ konsumen sehingga terus menggunakan produknya dengan memanfaatkan berbagai faktor termasuk konsep diri konsumen, sehingga akan timbul loyalitas dalam diri konsumen untuk menggunakan merek produk kosmetik tersebut. Konsep diri yang positif akan membuat konsumen tetap menggunakan merek yang dia yakini sesuai dengan kepribadiannya, konsep diri yang negatif akan membuat konsumen enggan menggunakan merek yang tidak sesuai dengan kepribadiannya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan loyalitas merek pada konsumen produk kosmetik. Konsep diri adalah suatu pandangan pribadi yang dimiliki seseorang tentang dirinya masing-masing. Sedangkan loyalitas merek adalah sejauh mana seorang pelanggan menunjukkan sikap positif terhadap suatu merek, mempunyai komitmen pada merek tertentu, dan berniat untuk terus membelinya di masa depan. Penelitian ini menggunakan penelitian non eksperimen. Dalam penelitian ini, teknik sampel yang digunakan adalah teknik incidental (teknik kebetulan), sehingga sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi yang telah menggunakan salah satu merek produk kosmetik yang kebetulan dijumpai peneliti saat mengadakan penelitian. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini menggunakan skala likert dengan dua skala, yaitu skala konsep diri dan skala loyalitas merek. Instrument untuk mengambil data skala konsep diri berjumlah 28 item dan skala loyalitas merek berjumlah 36 item. Teknik validitas teknik internal dan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dengan koefisien ri (x - i) > 0,3. Untuk menguji reliabilitas menggunakan teknik alpha cronbach dengan nilai alpha > 0,80 sedangkan teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment dari Karl Pearson dengan program SPSS versi 12.00. Berdasarkan analisa data, maka didapatkan hasil r = 0,591 ; p = 0,000 yang berarti bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan (bermakna atau berarti) antara konsep diri dengan loyalitas merek pada konsumen produk kosmetik. Hal ini berarti bahwa pada subjek yang memiliki konsep diri positif, loyalitas terhadap merek tinggi, begitu juga sebaliknya. Konsep diri memberikan sumbangan efektif terhadap loyalitas merek sebesar 34,9% sedangkan sisanya 65,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:11
Last Modified: 14 Jun 2016 07:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31981

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo