UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KESIAPAN ANAK MEMASUKI SEKOLAH DASAR PADA ANAK YANG MENGIKUTI PLAYGROUP DENGAN ANAK YANG TIDAK MENGIKUTI PLAYGROUP

Budinurati, Sri (2012) PERBEDAAN KESIAPAN ANAK MEMASUKI SEKOLAH DASAR PADA ANAK YANG MENGIKUTI PLAYGROUP DENGAN ANAK YANG TIDAK MENGIKUTI PLAYGROUP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sribudinur-21801-pendahul-n.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sribudinur-21801-BAB+I.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Kesiapan anak berhubungan erat dengan kemampuan anak dalam mencapai tingkat perkembangan emosi, fisik, dan kognisi yang memadai sehingga anak mampu atau dapat berhasil dengan baik dan kesiapan anak juga berkaitan dengan pengembangan keterampilan kognitif, keterampilan sosial, pengaturan diri, dan usia kronologis. Kesiapan anak adalah kemampuan anak dalam mencapai tingkat perkembangan emosi, fisik dan kognisi yang memadai sehingga anak dapat berhasil dengan baik.Pendidikan usia dini merupakan pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang diajukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Subjek penelitian adalah siswa TK Cita Insani Aisyiyah Malang yang berjumlah 24 siswa, baik yang mengikuti Playgroup dan yang tidak mengikuti Playgroup. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah angket. Metode analisis data pada penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis uji-t. Dengan nilai t-test = 0,881 dan nilai p = 0,388, sedangkan nilai rata-rata yang mengikuti Playgroup adalah 18,50 dan nilai rata-rata anak yang tidak mengikuti Playgroup 18,06. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data yang telah dilakukan ternyata tidak adanya perbedaan yang signifikan kesiapan anak memasuki Sekolah Dasar pada anak yang mengikuti Playgroup dengan anak yang tidak mengikuti Playgroup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:58
Last Modified: 14 Jun 2016 06:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31978

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo