UMM Institutional Repository

STUDI DISIPLIN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN ENDE PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

MOCHSEN, RIDWAN (2011) STUDI DISIPLIN KERJA PERAWAT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KABUPATEN ENDE PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ridwanmoch-22603-bab+1.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ridwanmoch-22603-pendahul-n.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi saat ini, dampak dari globalisasi bukan hanya dirasakan dunia industri semata melainkan globalisasi juga akan berdampak pada semua segi kehidupan, termasuk di dalamnya aspek pelayanan kesehatan. Rumah sakit umum daerah kabupaten Ende adalah organisasi yang mempunyai tugas dan fungsi melaksanakan kewenangan dibidang pelayanan publik kesehatan, yang bersifat pemulihan kesehatan (rehabilitatif). Agar dapat memberikan pelayanan yang berkualitas, maka diperlukannya disiplin kerja yang tinggi dari karyawan. Disiplin kerja merupakan hal penting di dalam suatu instansi atau perusahaan. Penerapan disiplin kerja yang baik oleh seluruh karyawan akan membantu pada perkembangan menuju keberhasilan dan kemajuan dalam mencapai tujuan dari perusahaan. Di instansi rumah sakit, disiplin kerja adalah modal yang sangat penting untuk dijalankan. Untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan medis di dalam rumah sakit maka perlu adanya kesadaran yang tinggi dari karyawan khususnya perawat dalam melaksanakan aturan-aturan perusahaan yang diwujudkan dalam disiplin kerja yang tinggi. Oleh karena itu, disiplin kerja harus diterapkan dengan segera dan secepat mungkin serta diterapkan secara konsisten, dan perlu adanya ketegasan dari pihak penyelia untuk menerpakan aturan-aturan terkait dengan disiplin kerja sehingga dapat menimbulkan lingkungan kerja yang baik dan sehat. Sejalan dengan itu, tujuan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui gambaran tingkat disiplin kerja perawat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, penelitian ini dilaksanakan di rumah sakit umum daerah (RSUD) kabupaten Ende. Sampel penelitian ini adalah perawat rumah sakit umum daerah kabupaten Ende berjumlah 134 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Dalam proses penelitian, isntrument yang disebarkan sebanyak 116 dikarenakan 18 orang sedang melanjutkan studi dan instrument yang dikembalikan sebanyak 86. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang berupa skala likert yaitu skala disiplin kerja. Adapun metode analisa data yang digunakan adalah T-Skor. Berdasarakan hasil penelitan dari 86 perawat diketahui bahwa disiplin kerja perawat di rumah sakit umum daerah (RSUD) kabupaten Ende dengan persentase 51,2% perawat memiliki disiplin kerja rendah dan sebesar 48,8% perawat lainnya memiliki disiplin kerja tinggi. Sedangkan disiplin kerja perawat dari aspek-aspek yang diukur dapat diketahui bahwa semua aspek memiliki tingkat disiplin kerja rendah, dimana pada aspek perintah atasan dengan prosentase 61,6%. Aspek penggunaan pakaian dan atribut memiliki prosentase yang sama dengan aspek penggunaan peralatan kerja dengan prosentase 58,1%. Aspek bekerja dengan mengikuti prosedur dengan prosentase 59,3%. Dan kepatuhan jam kerja dengan prosentase 55,8%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 07:04
Last Modified: 14 Jun 2016 07:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31974

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo