UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA CITRA PRODUK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK PERAWATAN RAMBUT

Oktavia, A.Wilda (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA PRODUK DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PRODUK PERAWATAN RAMBUT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-awildaokta-22718-BAB+I.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-awildaokta-22718-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Citra Produk adalah persepsi dan kesan konsumen terhadap produk yang dipengaruhi oleh lingkungan dan pengalaman menggunakan produk itu sendiri. Produk perawatan rambut adalah suatu barang yang secara berkelanjutan dibutuhkan oleh konsumen sehingga dalam upaya ‘mengikat’ konsumen produsen akan mengembangkan citra dari produknya, sehingga akan timbul loyalitas dalan diri konsumen agar terus menggunakan produk perawatan rambut tersebut. Berdasarkan permasalah tersebut, penulis memfokuskan penelitian tentang hubungan antar citra produk dengan loyalitas konsumen produk perawatan rambut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah teknik incidental. Anggota sampel adalah Mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia di Makassar yang menggunakan produk perawatan rambut yang kebetulan dijumpai peneliti saat mengadakan penelitian. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala Likert yang terdiri dari skala Citra Produk dan Skala Loyalitas konsumen.untuk menguji validitas, peneliti menggunakan teknik validitas Internal, sedangkan untuk menguji reliabilitas digunakan teknik Alpha dari Cronbach. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesa penelitian yang menyatakan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara citra produk dengan loyalitas konsumen (dengan nilai r = 0,565 dan p = 0,000) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa dari beberapa responden yang memiliki citra produk yang tinggi dan loyalitas yang tinggi dan sebaliknya beberapa responden yang memiliki citra produk yang rendah dan loyalitasnya rendah. Adapun sumbangan efektif variabel citra produk terhadap loyalitas konsumen adalah sebesar 31,9 % . dan sisanya sebesar 69,1 % ditentukan oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini antara lain kepuasan konsumen, kenyaman dan kemudahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:12
Last Modified: 14 Jun 2016 06:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31959

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo