UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP BUDAYA SIRI' DENGAN AGRESIFITAS PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR

Musfithasari, Githa Dian (2011) HUBUNGAN ANTARA SIKAP TERHADAP BUDAYA SIRI' DENGAN AGRESIFITAS PADA MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-githadianm-22719-BAB+I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-githadianm-22719-PENDAHUL-N.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agresivitas mahasiswa di Kota Makassar sering dikaitkan dengan tradisi menjaga harga diri yang menjadi karakteristik budaya masyarakat setempat. Harga diri oleh masyarakat makassar dikenal sebagai siri', sebagaimana dalam filosofi yang mengatakan siri' numi kupopoang yang berarti karena engkau menjaga siri maka engkau pantas dipertuan. Sehingga apapun akan dilakukan termasuk agresi atau kekerasan demi menjaga agar tidak kehilangan harga diri. Uraian tersebut memberikan gambaran keterkaitan antara budaya siri' dengan agresivitas. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara sikap terhadap budaya siri' dengan agresivitas mahasiswa. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara sikap terhadap budaya siri' dengan agresivitas mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan analisis korelasi Pearson's Product Moment. Variabel dalam penelitian ini adalah sikap terhadap budaya siri' sebagai variabel bebas dan agresivitas mahasiswa sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia yang berstatus aktif dan turut melakukan kekerasan di lingkungan kampus di Kota Makassar pada periode 2007. Populasi tersebut berjumlah 459 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala psikologi yang terdiri dari skala sikap terhadap budaya siri' dan skala agresivitas. Pengukuran yang digunakan adalah Skala Likert yang telah dimodifikasi dimana hanya terdapat empat alternatif jawaban yang sudah ditentukan. budaya siri' dan agresivitas mahasiswa di Makassar. Artinya semakin positif sikap mahasiswa terhadap budaya siri maka semakin tinggi agresivitas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar (r) 0,391 dengan probabilitas kesalahan kurang dari 5% ( < 0,05). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara sikap terhadap Sumbangan efektif variabel sikap terhadap budaya siri adalah sebesar 15,3 %, sedangkan sisanya sebesar 84,5% adalah kontribusi dari variabel-variabel yang tidak dilibatkan dalam penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa agresivitas mahasiswa juga dipicu oleh adanya faktor-faktor lain seperti faktor fisik, lingkungan, tingkat kecerdasan, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 06:06
Last Modified: 22 Mar 2018 06:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31958

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo