UMM Institutional Repository

KEBERMAKNAAN HIDUP PADA RELAWAN PALIATIF (Studi pada relawan paliatif di Rumah Sakit Islam Asiyiyah (RSIA) Malang).

El-Rifqiya, Wulida Azmiyya (2011) KEBERMAKNAAN HIDUP PADA RELAWAN PALIATIF (Studi pada relawan paliatif di Rumah Sakit Islam Asiyiyah (RSIA) Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wulidaazmi-22727-BAB+I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-wulidaazmi-22727-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perawatan yang diberikan dirumah sakit yaitu perawatan secara medis dan perawatan non medis, perawatan non medis yaitu perawatan yang memperhatikan aspek psikis pasien yang disebut juga perawatan paliatif. Perawatan paliatif ini dapat berjalan berkat adanya seorang relawan paliatif, meskipun kelihatan mudah menjadi seorang relawan, menjadi relawan adalah sebuah pilihan untuk membuat hidup lebih bermakna. Oleh sebab itu perlu diketahui bagaimana mereka memaknai diri mereka sebagai relawan paliatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kebermaknaan hidup pada relawan paliatif, yaitu apa saja yang melatarbelakangi seseorang menjadi relawan paliatif, nilai kreatif, nilai penghayatan dan nilai bersikap. Sampel yang digunakan adalah 4 orang relawan paliatif dari rumah sakit islam Aisyiyah Malang. Untuk penggalian data digunakan wawancara sebagai sumber data sekaligus sebagai uji keabsahan metode.Adapun teknik wawancara yang digunakan adalah teknik wawancara semi terstruktur, agar terjalin komunikasi yang bebas namun terarah sehingga terkesan lebih luwes dan fleksibel.Sebagai uji keabsahan untuk mengecek kebenaran data, dilakukan triangulasi sumber yaitu dari pihak rumah sakit islam Aisyiyah Malang. Dari hasil penelitian yang telah didilakukan , diketahui bahwasanya subjek memiliki kebermaknaan hidup dilihat dari beberapa hal yaitu, subjek ingin meyentuh batin pasien baik secara spiritual dan psikis.(latar belakang menjadi relawan) subjek dapat bertanggung jawab akan tugas yang diberikan kepadanya, dapat melibatkan dirinya sebagai relawan paliatif sehingga dapat melakukan tugas-tugasnya sebagai seorang relawan paliatif dan dapat mengembangkannya (nilai kreatif), subjek dapat menghayati dan meyakini peran-peran mereka sebagai seorang relawan, dibutuhkan oleh pasien, didukung oleh banyak pihak sehingga menjadikan hidupnya lebih berarti (nilai penghayatan), selain itu dapat dilihat dari kemampuan subjek untuk memiliki integrasi yang tinggi didalam menghadapi tantangan, hambatan, tuntutan-tuntutan yang ditunjukkan dengan sikap kesabaran, ketabahan dan keberanian (nilai bersikap). Hal ini menunjukkan bahwa kebermaknaan hidup pada relawan paliatif, yaitu relawan paliatif memiliki pedoman atau prinsip hidupnya yang berdasarkan pada nilai kretaif, nilai penghayatan dan nilai bersikap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 14 Jun 2016 05:56
Last Modified: 14 Jun 2016 05:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31953

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo