UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN RASA AMAN PADA NASABAH BANK

Myatiningrum, Trisnar Budi (2011) HUBUNGAN ANTARA CITRA MEREK DENGAN RASA AMAN PADA NASABAH BANK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-trisnarbud-22732-Pendahul-n.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-trisnarbud-22732-BAB+1.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Bank merupakan salah satu perusahaan di bidang jasa keuangan, yaitu suatu badan usaha dengan penghimpunan dana masyarakat serta memberikan jasa lainnya yang berkaitan dengan keuangan nasabah. Sedangkan nasabah adalah orang yang mempunyai rekening simpanan ataupun pinjaman pada bank. Dalam menabung dan bertransaksi, nasabah membutuhkan keamanan untuk membuat nasabah merasa aman. Rasa aman terbentuk dari citra merek pada bank yang ada di masyarakat, untuk itu perlu adanya citra merek yang positif agar menimbulkan kesan yang positif dalam masyarakat sehingga, rasa aman secara tidak langsung akan mudah di dapatkan oleh nasabah. Di dunia perbankan sekarang ini kembali diguncang berbagai kasus yang sangat meresahkan nasabah. Persoalan kasus ini sangat mengusik kondisi rasa aman nasabah perbankan di Indonesia yang akan membuat persepsi nasabah terhadap bank tersebut semakin menurun. Persepsi nasabah pada suatu merek akan mempengaruhi citra dari bank itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra merek dengan rasa aman pada nasabah bank. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bertujuan untuk menguji hipotesis tentang adanya hubungan antara citra merek dengan rasa aman pada nasabah bank. Penelitian dilakukan dengan menggunakan 100 responden yang diperoleh melalui teknik incidential sampling. Data dikumpulkan melalui pengisian skala citra merek dan skala rasa aman. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan program komputer SPSS 12.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara citra merek dengan rasa aman pada nasabah bank (r=0,518 ; P=0,000). Artinya, bila bank memiliki citra merek positif, maka rasa aman yang dimiliki nasabah dalam menabung akan tinggi, dan apabila bank memiliki citra merek negatif, maka rasa aman pada nasabah dalam menabung akan rendah. Koefisien determinan variabel citra merek terhadap rasa aman sebesar r2 = 0,268. Hal ini menunjukkan bahwa citra merek hanya menyumbang sebesar 26,8 % terhadap rasa aman. Adapun sisanya sebesar 83,2 % disumbangkan oleh variabel atau faktor lain yang tidak di teliti misalnya, loyalitas dan kepercayaan (Nuria, 2006).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:35
Last Modified: 14 Jun 2016 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31950

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo