UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA IKLIM KESELAMATAN KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN DI PT SEMANGGI AGUNG SEJAHTERA KABUPATEN TULUNGAGUNG

Sholihah, Maratus (2011) HUBUNGAN ANTARA IKLIM KESELAMATAN KERJA DENGAN KINERJA KARYAWAN DI PT SEMANGGI AGUNG SEJAHTERA KABUPATEN TULUNGAGUNG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-maratussho-22733-PENDAHUL-N.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-maratussho-22733-BAB+I.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Kinerja karyawan pada dasarnya adalah perwujudan kerja yang dilakukan oleh seorang karyawan yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberikan kontribusi dalam suatu periode waktu tertentu sesuai dengan kualitas maupun kuantitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Jadi kinerja karyawan sangat menentukan proses produksi. Oleh karena itu, peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang paling penting di dalam usaha memperbaiki pelayanan kepada masyarakat. Salah satu faktor yang berasal dari individu yang diduga dapat meningkatkan kinerja seorang karyawan adalah adanya iklim keselamatan kerja. Iklim keselamatan kerja dapat diartikan sebagai sebuah persepsi pekerja pada sikap manejemen terhadap keselamatan kerja dan sejauh mana kontribusi keselamatan kerja didalam proses produksi secara umum. Apabila karyawan mempersepsikan iklim keselamatan kerja secara positif, diharapkan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Karyawan akan mempersepsikan iklim keselamatan kerja sebagai hal yang positif jika hal tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan menimbulkan rasa aman, nyaman, maka karyawan juga akan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dalam bekerja sesuai dengan kemampuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah iklim keselamatan kerja berhubungan dengan kinerja karyawan di PT Semanggi Agung Sejahtera KabupatenTulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan dan karyawati PT Semanggi Agung Sejahtera Kabupaten Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling, berjumlah 65 karyawan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data interval. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunkan metode skala. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment Karl Pearson dengan program SPSS. Hasil analisa data diperoleh nilai korelasi (r) = 0,617 menandakan hubungan antara iklim keselamatan kerja dengan kinerja karyawan cenderung tinggi karena mengarah pada angka 1. Sedangkan iklim keselamatan kerja dengan kinerja karyawan mempunyai hubungan yang searah positif antara dua variabel. Sedangkan nilai probabilitas kesalahan (p) = 0,000 menunjukan taraf signifikan yang artinya hubungan yang terjadi pada sampel terjadi juga terhadap populasi. Maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif antara variabel iklim keselamatan kerja dengan kinerja karyawan PT. Semanggi Agung Sejahtera. Adapun sumbangan efektif yang diberikan iklim keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan di PT Semanggi Agung Sejahtera adalah sebesar 38,1 % yang dilihat dari koefisien korelasi determinan (r2) = 0,381 %. Sedangkan sisanya 61,9 % dijelaskan oleh variabel yang lain tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:31
Last Modified: 14 Jun 2016 04:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31949

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo