UMM Institutional Repository

MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE PEMBELAJARAN BONEKA KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK

WIJAYANTI, IKE (2011) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI METODE PEMBELAJARAN BONEKA KARAKTER DI TAMAN KANAK-KANAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ikewijayan-22734-PENDAHUL-N.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ikewijayan-22734-BAB+1.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang, tuntutan masyarakat semakin kompleks dan persainganpun semakin ketat, untuk itu perlu disiapkan SDM yang berkualitas dan berkarakter, salah satu upaya meningkatkan SDM adalah melalui jalur pendidikan. Dengan pendidikan, kebutuhan manusia tentang perubahan dan perkembangan dapat dipenuhi. Maka dari itu penting untuk memberikan pendidikan karakter mulai usia dini. Pendidikan yang berorientasi pada pembangunan karakter sangat diperlukan dalam rangka mengembangkan, memproseskan dan menguatkan sifat mulia kemanusiaan dengan tulus dan ikhlas dalam mencapai diri yang terbaik. Pendidikan karakter adalah penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemampuan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut baik kepada Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama lingkungan, maupun kebangsaan. Dasar pendidikan karakter ini, sebaiknya diterapkan sejak usia dini atau yang biasa disebut para ahli psikologi sebagai usia emas, Peneliti dalam penelitian ini hanya memfokuskan pada salah satu sub pilar yang ke 6, yaitu percaya diri. kepercayaan diri merupakan sikap positif individu yang dapat meyakinkan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan dan stuasi yang dihadapinya. Dalam penelitian ini menggunakan metode pembelajaran boneka karakter, penggunaan boneka dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dengan cara dimainkan dalam sandiwara boneka, untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak taman kanak-kanak Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan subjek 10 anak taman kanak-kanak dan teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan guide observasi dalam bentuk check list dan rating scale. Selain itu teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan analisa uji beda (t-test) dua sampel berkorelasi (Paired Samples t-test) dengan bantuan SPSS versi 15.00 for windows. Tujuannya untuk menguji dua sample yang berpasangan yaitu menganalisa data pretest dan posttest, apakah mempunyai rata-rata yang secara nyata berbeda ataukah tidak. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisa uji beda (t-tes) menunjukkan t = -7,620 dengan P = 0,002 < 0.05 hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kepercayaan diri subjek sebelum mendapat perlakuan boneka karakter (pretest) dengan sesudah mendapat perlakuan boneka karakter (posttest). Adapun jika dilihat dari nilai Mean (X), yaitu Xpretest = 26,6000 dan Xposttest = 47,8000 menunjukkan bahwa Xposttest (setelah mendapatkan perlakuan dengan boneka karakter) lebih besar dari pada Xpretest (sebelum mendapatkan perlakuan boneka karakter) yang berarti bahwa kepercayaan diri subjek secara keseluruhan meningkat setelah mendapatkan perlakuan dengan boneka karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 14 Jun 2016 04:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31948

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo