UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MEGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG (DD) PADA SISWA KELAS IV SDN TUNJUNGSEKAR 3 MALANG

SUSILOWATI, (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN MEGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOG (DD) PADA SISWA KELAS IV SDN TUNJUNGSEKAR 3 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-susilowati-22780-PENDAHUL-N.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-susilowati-22780-BAB+1.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara informal yang dilakukan peneliti dengan guru kelas dan siswa SDN Tunjungsekar 3 Malang di ketahui bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran PKn terutama materi Globalisasi. Karena metode yang diterapkan guru masih menggunakan metode lama yaitu metode ceramah yang menuntut siswa mencatat dan menghafal materi saja, sehingga siswa merasa jenuh dalam proses belajar mengajar di kelas. Disamping itu terdapat beberapa siswa yang belum bisa memecahkan masalah melalui diskusi dengan kelompoknya dan sebagian siswa belum berani menyampaikan pendapatnya di depan kelas yang disebabkan siwa jarang mendapatkan kesempatan untuk mengutarakan pendapat yang sesuai dengan hasil pemikiran siswa tersebut. Mengakibatkan hasil belajar siswa sangat rendah karena tidak ada semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialog (DD), selain itu, 2) untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilakukan tes. Jenis penelitiannya adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tunjungsekar 3 Malang denagn subjek kelas IV B yang berjumlah 27 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pada siklus pertama dalam proses belajar mengajar di kelasnya siswa terlihat kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Karena media yang digunakan guru kurang menarik atau maksimal. Saat diskusi berlangsung siswa mengalami kesulita dalam mengontrol kelompoknya karena mereka belum terbiasa melakukan diskusi dengan kelompok. Pada siklus kedua, aktivitas siswa dalam pembelajaran sudah meningkat dari 62,5 % yang dikatakan cukup baik menjadi 75% yang dikategorikan baik. Sementara hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 51,85% menjadi 74,07%. Dari 27 siswa yang mengikuti tes akhir yang dilaksanakan guru menunjukan 20 siswa yang tuntas dan 5 siswa lainnya tidak tuntas disebabkan hasil belajarnya kurang dari KKM. Dari pelaksanaan PTK, siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Deep Dialog (DD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn khususnya pada materi Globalisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:23
Last Modified: 14 Jun 2016 04:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31947

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo