UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI PADA KELAS IV SDN KROMASAN MELALUI METODE P3D

AMRIZAL, MOHAMAD (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI GLOBALISASI PADA KELAS IV SDN KROMASAN MELALUI METODE P3D. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mohamadamr-22781-PENDAHUL-N.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mohamadamr-22781-BAB+I.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas SDN Kromasan pada siswa kelas IV untuk mata pelajaran PKn, menunjukkan bahwa siswa kurang aktif dan kurang memahami pelajaran PKn khususnya materi Globalisasi, serta guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Di dalam proses pembelajaran masih banyak ditemukan siswa yang cenderung gaduh dan kurang merespon pembelajaran yang berlangsung. Akibatnya hasil ketuntasan belajar siswa rendah. Oleh karena itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Alternatif metode pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu metode P3D. Tujuan penelitian yakni mendeskripsikan pengguanaa metode P3D pada materi Globalisasi dan mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi Globalisasi melalui P3D. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kromasan Kec Ngunut Kab Tulungagung, dengan subjek siswa kelas IV yang berjumlah 31 siswa dengan perincian siswa laki-laki 23 dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode P3D pada PKn materi Globalisasi, dan mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi Globaliasasi melalui penggunaan metode P3D. Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dilaksanakan tes pada akhir siklus. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2011. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode P3D dalam pembelajaran PKn materi Globalisasi kelas IV SDN Kromasan Kec. Ngunut Kab. Tulungagung terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukan dari pencapaian hasil persentase ketuntasan belajar pada siklus I yakni ketuntasan belajar siswa mencapai 64,51 % dan siswa yang belum tuntas 35,49% pada siklus II yakni ketuntasan belajar siswa mencapai 90,32% dan siswa yang tidak tuntas 9,68% dengan indikator kinerja, yakni 70% siswa mampu mencapai hasil belajar siswa dengan jumlah KKM yang ditentukan sekolah yaitu 65.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:19
Last Modified: 14 Jun 2016 04:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31946

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo