UMM Institutional Repository

Pengaruh Membaca Al-Quran untuk Meningkatkan Daya Ingat pada Remaja

Jannah, Tijarotin (2011) Pengaruh Membaca Al-Quran untuk Meningkatkan Daya Ingat pada Remaja. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tijarotinj-22783-PENDAHUL-N.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tijarotinj-22783-BAB+I.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

Daya ingat memiliki peranan penting bagi remaja untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya, Jika remaja mengalami kesulitan dalam mengingat maka akan berdampak negatif pada kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu perlu adanya cara untuk meningkatkan daya ingat agar ingatan bisa bekerja dengan maksimal. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan Al-Quran sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan daya ingat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh membaca Al-Quran dalam meningkatkan daya ingat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen ulang non random (non-randomized pretest-postest control group design). yakni dengan melakukan pretest sebelum perlakuan dan pasca test sesudahnya guna untuk mengetahui hasil perlakuan sekaligus ada kelompok perlakuan dan kontrol. Dalam eksperimen ini sampel ditetapkan dengan tidak random. Adapun jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 16 subjek dengan rincian delapan subjek sebagai perlakuan dan delapan subjek lainnya sebagai control. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Sumbersuko-Lumajang, dengan ketentuan subjek: memiliki daya ingat yang rendah dan memiliki klasifikasi IQ yang sama. Cara pengambilan sample pada penelitian ini adalah melakukan tes IQ dan test Kode dan Ingatan (D2) dan menskoring hasil tes kemudian mengklasifikasikan berdasarkan karekteristik subjek yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan grafik pada skor pretest dan postest terhadap daya ingat bahwa kelompok perlakuan mengalami peningkatan daya ingat yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Adapun nilai mean pada kelompok perlakuan adalah 45, sedangkan kelompok kontrol nilai mean 41.12, maka nilai jarak perbedaan antara kedua kelompok tersebut sebesar 3.88. Namun hal ini juga tidak cukup signifikan terhahadap peningkatan daya ingat. Berdasarkan uji t terhadap skor pretest diperoleh nilai t= 0.470 dan hasil uji t terhadap skor postest diperoleh nilai t= 1.047. Hasil analisis menunjukkan tidak adanya perbedaan antara dua kelompok. Hal ini juga dikarenakan durasi waktu yang cukup singkat, bentuk metode yang kurang tepat dan kondisi yang kurang efektif saat proses perlakuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:12
Last Modified: 14 Jun 2016 04:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31944

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo