UMM Institutional Repository

PENGARUH MONITORING OBAT ANTIDIABETIK ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TERHADAP KEPATUHAN (Studi Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang)

ANWAR, DINA (2011) PENGARUH MONITORING OBAT ANTIDIABETIK ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TERHADAP KEPATUHAN (Studi Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dinaanwar0-23683-PENDAHUL-N.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dinaanwar0-23683-bab+1.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Diabetes melitus didefinisikan sebagai kelompok gangguan metabolisme karbohidrat dimana kerja insulin berkurang atau tidak ada dalam mengubah sekresi, penurunan aktivitas insulin atau kombinasi kedua faktor. Diabetes juga merupakan salah satu penyakit yang paling sering diderita dan penyakit kronik yang serius di Indonesia saat ini serta memerlukan upaya kesehatan oleh semua pihak. Menurut laporan WHO pada tahun 2003, kepatuhan rata-rata pasien pada terapi jangka panjang terhadap penyakit kronis di negara maju hanya sebesar 50%, sedangkan di negara berkembang jumlah tersebut bahkan lebih rendah. Apoteker terutama yang bekerja di sektor farmasi komunitas memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan terapi diabetes melitus terutama dalam pemantauan obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh monitoring obat antidiabetik oral terhadap kepatuhan pasien diabetes melitus rawat jalan di rumah sakit Aisyiyah Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain one pre test post test. Sampel berjumlah 15 orang pasien yang diberikan perlakuan berupa monitoring obat sebanyak dua kali menggunakan telepon. Lokasi penelitian di RSI Aisyiyah Malang. Lama penelitian adalah 10 hari. Variabel yang diamati yaitu kepatuhan pasien. Instrumen yang digunakan yaitu kuisioner dan sisa obat. Data hasil penelitian diuji dengan menggunakan uji T berpasangan dan Chi-Square. Tingkat signifikansi yang digunakan adalah 0,05. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan bermakna antara kepatuhan pasien sebelum dan sesudah monitoring obat. Sedangkan antara kuisioner dan sisa obat tidak terdapat perbedaan bermakna. Selain itu terdapat perbedaan antara sikap dan pemahaman pasien dalam penggunaan obat antidiabetik oral. Dapat disimpulkan bahwa monitoring obat dapat mempengaruhi kepatuhan pasien DM tipe 2 dalam penggunaan antidiabetik oral.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 13 Jun 2016 08:24
Last Modified: 13 Jun 2016 08:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31942

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo