UMM Institutional Repository

PERSEPSI TERHADAP BAHAYA PADA KARYAWAN PT. X DI BALIKPAPAN

Sadiyah, Anis (2011) PERSEPSI TERHADAP BAHAYA PADA KARYAWAN PT. X DI BALIKPAPAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-anissadiya-21834-PENDAHUL-N.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-anissadiya-21834-BAB+I.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang dapat memicu terjadinya kecelakaan di lingkungan kerja adalah persepsi seorang karyawan terhadap bahaya. Persepsi terhadap bahaya adalah proses mengetahui atau mengenali objek dengan memandang atau mengartikan sesuatu tentang faktor kondisi di lingkungan kerja baik alat, material atau lingkungan yang tidak aman (unsafe condition) yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja dapat terjadi disebabkan sebagian karyawan tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) dalam bekerja. Bagi sebagian karyawan, tidak menggunakan alat pelindung diri dalam bekerja merupakan hal yang biasa, bahkan mereka cenderung menganggap APD justru akan menghambat proses kerja mereka. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi terhadap bahaya pada karyawan PT. X di Balikpapan yang bergerak dibidang produksi es balok. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, dengan populasi yaitu karyawan lapangan PT. X di Balikpapan. Sampel yang diambil sebanyak 20 karyawan dengan menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala persepsi terhadap bahaya. Untuk teknik analisa data yaitu menggunakan teknik T-Score yang dibantu dengan program Microsoft Office Excel 2003 Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa dari 20 karyawan yang menjadi subyek penelitian, ada 13 karyawan (65%) memiliki persepsi positif terhadap bahaya. Dalam hal ini, situasi atau kondisi yang tidak aman (unsafe condition), diartikan sebagai suatu bahaya, sehingga karyawan yang memiliki persepsi positif terhadap bahaya akan cenderung berhati-hati dalam bekerja dan mengikuti prosedur kerja yang ada di perusahaan tersebut. Saat karyawan memperoleh suatu stimulus dalam suatu kondisi atau keadaan tertentu, mereka dapat menanggapinya dengan baik. Mereka mampu memahami, mengorganisasikan, dan menafsirkan stimulus tersebut yang kemudian dapat diwujudkan dalam suatu tindakan yang sesuai dengan prosedur dan peraturan-peraturan yang ada dalam perusahaan tersebut. Selain itu juga, ada 7 karyawan (35%) yang memiliki persepsi negatif terhadap bahaya. Dalam hal ini situasi atau kondisi yang tidak aman (unsafe condition), diartikan sebagai suatu yang tidak menimbulkan bahaya, sehingga karyawan akan menunjukkan sikap acuh terhadap prosedur kerja yang ada di perusahaan tersebut, sehingga memungkinkan untuk terjadinya kecelakaan saat bekerja. Jadi dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa mayoritas persepsi terhadap bahaya pada karyawan PT. X di Balikpapan adalah positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:48
Last Modified: 13 Jun 2016 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31936

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo