UMM Institutional Repository

FACEBOOK SEBAGAI PENGUNGKAPAN DIRI SISWASISWI MA NURUL ULUM MADURA

KURNIYANTI, RAHMA (2011) FACEBOOK SEBAGAI PENGUNGKAPAN DIRI SISWASISWI MA NURUL ULUM MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmakurni-21835-PENDAHUL-N.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmakurni-21835-BAB+I.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Self disclosure merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan dalam hubungan interpersonal, karena dengan adanya pengungkapan diri seseorang dapat mengungkapkan pendapatnya, perasaannya, cita-citanya dan sebagainya, sehingga memunculkan hubungan keterbukaan. Seiring dengan adanya kemajuan teknologi khususnya semakin berkembangkan komunitas jejaring sosial di internet seperti facebook menjadikan media pengungkapan diri tidak hanya dapat dilakukan secara langsung tetapi juga dapat dilakukan dengan melewati media facebook. Sehingga membuat para remaja pada umumnya lebih terbuka di facebook untuk mencurahkan curhatnya dari pada di keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa alasan siswa-siswi lebih nyaman menggunakkan facebook untuk mengungkapkan diri. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian deskriptif Kualitatif.subyek dalam penelitian ini adalah siswa-sisiwi kelas 2 SMA yang menggunakan facebook selama 1 tahun,berjumlah 3 subyek. Dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Wawancara yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan melalui petunjuk umum wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yaitu menanyakan data yang telah diperoleh kepada teman subyek. Hasil penelitin menunjukkan bahwa alasan mereka menggunakan facebook adalah nyamannya mereka menggunakan facebook karena tidak harus bertatap muka secara langsung dalam melakukan self disclosure sehingga mereka mampu mengekspresikan marah tanpa harus malu atau takut diejek oleh teman-temannya. Bisa digunakan kapan saja membuat mereka mudah untuk berbagi cerita dan pengalaman sehingga meringankan permasalahan yang dihadapi oleh mereka.dengan komentar yang diterima dari teman-tema difacebook membuat mereka marasa banyak yang peduli dan memperhatikan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:38
Last Modified: 13 Jun 2016 07:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31933

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo