UMM Institutional Repository

PENGARUH BERMAIN SOSIAL PURA-PURA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK PRA SEKOLAH

Sari, Indah Yunita (2011) PENGARUH BERMAIN SOSIAL PURA-PURA TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK PRA SEKOLAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-indahyunit-21837-01++PEND-N.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-indahyunit-21837-02+BAB+I.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Kasus anak yang terlibat dalam pelanggaran hukum, dari tahun ke tahun secara kuantitas mengalami peningkatan. Berbagai pelanggaran dari yang berskala ringan hingga berat tentu saja membutuhkan perhatian dari pihak-pihak yang memiliki kompetensi dalam hal penegakan hukum. Kondisi seperti ini menunjukkan lunturnya perilaku prososial pada anak sekarang ini. Oleh karena itu sangatlah penting pembelajaran dan pengarahan prososial harus ditanamkan sejak sedini mungkin atau sebelum anak memasuki bangku sekolah (pra sekolah) karena pada masa ini adalah masa emas untuk penanaman perilaku prososial pada anak. Salah satu metode penananaman perilaku prososial anak pra sekolah adalah dengan memberikan metode bermain sosial pura-pura kepada anak karena pada masa ini adalah fase meniru dan fase berkelompok dengan teman sebayanya. Pada masa ini anak akan mengembangkan perilaku sosialnya berdasarkan hal-hal yang dilihatnya sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain sosial pura-pura terhadap perilaku prososial pada anak pra sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Disain penelitian eksperimen yang akan digunakan adalah eksperimen ulang (pretest-postest control design), yaitu melakukan pengukuran atau observasi awal sebelum perlakuan diberikan dan setelah perlakuan diberikan pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Kelompok perlakuan adalah kelompok yang diberikan bermain pura-pura sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak diberikan bermain purapura. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pengujian non parametrik dengan teknik Mann-Whitney U. Uji ini digunakan untuk menguji signifikansi perbedaan nilai dua sampel yang independen. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada pengaruh yang sangat signifikan antara bermain sosial pura-pura terhadap perilaku prososial pada anak pra sekolah, dimana anak-anak kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan bermain pura-pura dapat meningkat perilaku prososialnya dibandingkan dengan anak-anak kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan bermain pura-pura.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:30
Last Modified: 13 Jun 2016 07:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31929

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo