UMM Institutional Repository

DESKRIPSI PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA KORBAN PERKOSAAN

Septyaningtyas, Retno (2011) DESKRIPSI PENYESUAIAN SOSIAL REMAJA KORBAN PERKOSAAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-retnosepty-23424-BAB+I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-retnosepty-23424-Pendahul-n.pdf

Download (316kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Cahyaning Suryaningrum, M.Si (2) Diana Savitri Hidayati, M.Psi Kasus perkosaan terhadap remaja sangat marak dibicarakan saat ini. Masyarakat banyak yang menilai bahwa seorang remaja yang menjadi korban perkosaan akan sulit melakukan penyesuaian sosial terhadap lingkungannya. Mereka menilai jika para korban perkosaan yang salah satunya adalah remaja, akan cenderung menjadi trauma dan sulit untuk melakukan penyesuaian sosial. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa masih ada remaja korban perkosaan yang masih bisa melakukan penyesuaian sosial dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat deskripsi penyesuaian sosial remaja korban perkosaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua subyek korban perkosaan yang telah melakukan penyesuaian sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Sedangkan untuk keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber yaitu melakukan wawancara dengan orang tua, teman, dan masyarakat sekitar tempat tinggal subyek.. Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subyek mengalami perubahan setelah mengalami peristiwa perkosaan, baik perubahan fisik, mental, dan sosial. Berkat usaha yang mereka lakukan dan dukungan dari berbagai pihak seperti orang tua dan teman mereka, membuat mereka mampu untuk mengadakan penyesuaian sosial dengan baik. Sehingga saat ini subyek mampu melakukan penyesuaian sosial seperti: mengikuti kegiatan-kegiatan baik kegiatan dilingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Subyek juga sudah mampu melakukan hubungan sosial lebih baik daripada beberapa waktu setelah mengalami peristiwa perkosaan seperti: menyapa dan berbincang-bincang dengan teman dan masyarakat. Selain itu subyek juga merasakan kepuasan pribadi atas apa yang sudah ia lakukan dalam upaya melakukan penyesuaian sosial yang menjadi salah satu faktor pendukung terciptanya penyesuaian sosial yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:11
Last Modified: 13 Jun 2016 07:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31916

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo