UMM Institutional Repository

PENERIMAAN ORANGTUA DAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA TUNA RUNGU

RAHAYU, NANI (2011) PENERIMAAN ORANGTUA DAN PENYESUAIAN DIRI REMAJA TUNA RUNGU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nanirahayu-21856-pendahul-n.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nanirahayu-21856-bab+1.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Anak adalah harapan bagi kedua orangtuanya bukan hanya sebagai penerus keturunan tapi juga mengharapkan anaknya tumbuh menjadi orang sukses dikemudian hari. Namun seiring pertumbuhan dan perkembangan terkadang mengalami hambatan, baik secara genetis seperti cacat tubuh, retardasi mental, dan gangguan psikologis lainnya. Pada remaja tuna rungu, hal ini menyebabkan berbagai masalah yang kompleks. Banyak anak tuna rungu yang mengalami hambatan dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, yaitu ketidakmampuannya dalam berkomunikasi dalam penyesuaian dirinya. Peranan orang tua dalam perkembangan seorang anak sangatlah penting, karena orangtua dan keluarga adalah lingkungan sosial pertama yang diperkenalkan kepada anak. Lingkungan keluarga merupakan faktor yang mempunyai pengaruh penting dan kuat terhadap perkembangan anak, terutama anak luar biasa. Berhasil tidaknya remaja tuna rungu melaksanakan tugasnya sangat tergantung pada bimbingan dan pengaruh keluarga. Penerimaan orangtua kepada anak luar biasa tentunya akan membangun sikap positif bagi anak. Apabila orangtua menghargai anak sebagai individu seutuhnya, mencintai anak tanpa syarat serta memenuhi kebutuhan anak terutama remaja tuna rungu untuk mengekspresikan perasaan maka akan terbentuk sikap positif terhadap dirinya. Mereka akan mampu menerima keadaan dirinya, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, menghargai sesama dan menerima tanggung jawab sosial, sehingga memunculkan kemampuan dalam penyesuaian diri. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen. Bertujuan mengetahui pengaruh penerimaan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tuna rungu. Data didapat dari 40 siswa siswi remaja tuna rungu, dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan skala. Teknik analisanya menggunakan teknik analisa regresi dengan bantuan program SPSS 12.00. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ada pengaruh positif yang sangat signifikan dari penerimaan orangtua terhadap penyesuaian diri remaja tuna rungu (dengan F= 29,892 dan P= 0,000). Semakin tinggi penerimaan orangtua maka semakin tinggi pula kemampuan penyesuaian diri remaja tuna rungu, dan bila penerimaan orangtua rendah maka makin rendah pula kemampuan penyesuaian diri yang dimiliki remaja tuna tungu. Adapun sumbangan efeketif penerimaan orangtua terhadap penyesuaian diri sebesar 44% sedangkan 56% sisanya di pengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian juga menunjukkan 20 % dari subyek memiliki penerimaan orangtua yang tinggi justru memiliki penyesuaian diri yang rendah dan dari 22,5% subyek yang memiliki penerimaan orangtua yang rendah justru memiliki penyesuaian diri yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa selain penerimaan orangtua, terbentuknya penyesuaian diri juga dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:10
Last Modified: 13 Jun 2016 07:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31915

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo