UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ATASAN DENGAN BAWAHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PG. KEBON AGUNG MALANG

Narita, Yukko (2011) HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ATASAN DENGAN BAWAHAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PG. KEBON AGUNG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yukkonarit-23478-BAB+I.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yukkonarit-23478-PENDAHUL-N.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Yudi Suharsono, S. Psi, M. Si (2) Tri Muji Ingarianti, M. Psi. Kinerja dapat diartikan sebagai penilaian yng diperoleh karyawan dalam periode tertentu berdasarkan dengan standart perusahaan yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Jadi kinerja karyawan sangat menentukan proses produksi. Oleh karena itu, peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang paling penting di dalam perusahaan. Salah satu faktor penting yang diduga dapat meningkatkan kinerja seorang karyawan adalah adanya komunikasi interpersonal atasan dengan bawahan. Komunikasi interpersonal atasan dengan bawahan berperan dalam melancarkan kegiatan-kegiatan organisasi dalam rangka pengambilan keputusan, koordinasi dan pengendalian pelaksanaan kegiatan. Komunikasi interpersonal dipandang sebagai suatu kemampuan pemahaman antar individu dan dipandang sebagai alat penyesuaian personil dalam memahami situasi dan masalah yang sedang dihadapi. Dalam konteks ini komunikasi interpersonal memiliki peran yang sangat krusial untuk mewujudkan kerjasama antara individu dalam organisasi, sehingga pekerjaan yang dilaksanakan karyawan lebh efektif dan efisien sesuai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara komunikasi interpersonal atasan dengan bawahan terhadap kinerja karyawan pada PG. Kebon Agung Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PG. Kebon Agung Malang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik sample stratifikasi, berjumlah 81 karyawan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data interval. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode skala dan hasil penilaian perusahaan. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment Karl Pearson dengan program SPSS. Berdasarkan hasil analisa, dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal atasan dengan bawahan terhadap kinerja karyawan di PG. Kebon Agung Malang (dengan nilai r = 0,481 ; p = 0,000). Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa hipotesis penelitian ini terbukti atau diterima. Adapun sumbangan efektif komunikasi interpersonal atasan dengan bawahan terhadap kinerja karyawan sebesar 0,231 atau 23,1%, dan sisanya 76,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:05
Last Modified: 13 Jun 2016 07:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31912

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo