UMM Institutional Repository

STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSIVE BUYING

WARDANI, RINI MEGA (2011) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPULSIVE BUYING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rinimegawa-23620-BAB+I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rinimegawa-23620-PENDAHUL-N.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Djudiyah, (2) Zakarija Achmat Pada dasarnya keputusan pembelian seorang konsumen tidak hanya direncanakan, tetapi juga ada keputusan pembelian yang tidak direncanakan atau yang disebut dengan istilah impulsive buying. Berbagai pendapat menyebutkan ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi impulsive buying, namun masih belum jelas faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi impulsive buying itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan mempengaruhi impulsive buying sesuai dengan urutannya dan mendapatkan bukti empirik dari faktor yang paling dominan tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian noneksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang memiliki kecenderungan impulsive buying. Teknik sampling yang digunakan adalah incidental sampling dimana sampelnya berjumlah 55 orang (setelah melewati proses screening dari 150 orang). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua skala, yaitu skala impulsive buying yang digunakan untuk mengetahui kecenderungan sampel terhadap impulsive buying yang menggunakan skala jenis Likert dan skala faktor yang mempengaruhi impulsive buying yang menggunakan jenis skala Guttman. Teknik analisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi impulsive buying adalah karakteristik marketing (50,9%) yaitu promosi yang menggunakan metode komunikasi dengan menyampaikan dari mulut ke mulut atau dikenal dengan istilah word of mouth communication. Sedangkan urutan kedua menunjukkan karakteristik konsumen sebagai faktor kedua yang mempengaruhi impulsive buying (27,3%) yaitu kesesuaian antara kepribadian merek pada suatu produk yang dijual dengan kepribadian konsumen itu sendiri dan di urutan ketiga adalah karakteristik produk sebagai faktor yang mempengaruhi impulsive buying (21,8%) yaitu produk yang dijual dengan harga murah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:03
Last Modified: 13 Jun 2016 07:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31911

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo