UMM Institutional Repository

KEMATANGAN SOSIAL REMAJA YANG DIASUH OLEH ORANGTUA TUNGGAL( IBU JANDA )

Fitriasari, Beta (2011) KEMATANGAN SOSIAL REMAJA YANG DIASUH OLEH ORANGTUA TUNGGAL( IBU JANDA ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-betafitria-21870-Pendahul-n.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-betafitria-21870-BAB+I.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Remaja adalah suatu fase yang mengalami pematangan fisik dan psikis. Dalam perkembangan sosialnya remaja memiliki peran untuk berkembang di lingkungan sosial sebagai makluk sosial yang memiliki kematangan dalam pribadinya. Remaja yang diasuh oleh orang tua tunggal sebagai individu yang berkembang dilingkungan keluarga tunggal memiliki persoalan dalam berkembang di lingkungan sosialnya. Adanya perceraiaan dan kematian yang menimpa keluarga remaja dapat membawa potensi tentang psikis dari remaja dalam mewujudkan perkembangan sosial yang mengarah pada kematangan sosial remaja. Lingkungan masyarakat dapat memberikan peluang tentang sebuah perbedaan remaja yang diasuh oleh orang tua tunggal dalam menentukan sikap sosial untuk peran perkembangan sosialnya. Berdasarkan permasalahan diatas maka tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kematangan sosial remaja yang diasuh oleh orang tua tunggal. Jenis metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 2 orang yaitu remaja yang diasuh oleh orang tua tunggal kematian dan remaja yang diasuh oleh orang tua tunggal perceraiaan. Batasan remaja usia 15-18 tahun yang diasuh oleh orang tua tunggal ibu/janda. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Bojonegoro. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur mendalam dan observasi. Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan keabsahan data menggunakan tringualasi sumber pada ibu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja yang diasuh oleh orang tua tunggal mempunyai kematangan sosial dalam membagi waktu antara belajar dan bermain, mampu bekerjasama di kelompok dan optimis terhadap cita-cita dan masa depan. Ketidakmatangan yang dimiliki remaja ini adalah kurang mampu dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi. Peran ibu dalam kematangan sosial remaja adalah mengatur, mengontrol, membantu dan mengarahkan kepentingan anak dalam aktivitas sosialnya, menciptakan kemandirian dan memberikan dorongan untuk selalu optimis, tidak putus asa dalam meraih masa depan dan cita-cita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 07:03
Last Modified: 13 Jun 2016 07:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31910

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo