UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KOMPETENSI INTERPERSONAL REMAJA BERDASARKAN POLA ASUH ORANG TUA

SILVI, NORA MEGA (2011) PERBEDAAN KOMPETENSI INTERPERSONAL REMAJA BERDASARKAN POLA ASUH ORANG TUA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-noramegasi-21881-PENDAHUL-N.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-noramegasi-21881-BAB+I.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Seiring dengan masa pertumbuhan sejak masa anak-anak, seseorang akan disadarkan semakin meluasnya lingkungan pergaulan sosialnya. Sebagai individu yang berada pada masa remaja, seorang akan dihadapkan oleh kebutuhan untuk menjalin petemanan sosial. Kemampuan dalam melakukan hubungan interpersonal secara afektif biasa disebut sebagai kompetensi interpersonal. Pola hubungan antara anak dan oran tua mampu mempengaruhi bagian paling penting dari kompetensi interpersonal yang mulai terbentuk melalui awal hubungan antara anak dan orang tua, yang meliputi sikap orang tua dalam memberikan aturan-aturan, hadiah maupun hukuman, dan interaksi tersebut biasa disebut pola asuh. Ditinjau dari sikap orang tua dalam mendidik anak-anakya pola asuh itu sendiri dibagi menjadi empat macam pola asuh, yaitu pola asuh authoritative, authoritarian, indulgent, neglectful. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah subyek yang masuk kategori usia remaja pertengahan yaitu sekitar umur 15-18 tahun, tempat penelitian ini dilaksanakan di Kota Malang tepatnya di SMA Taman Madya, cara pengambilan sampel dengan total sampling. Alat pengumpulan data menggunakan Cronbach alpha dengan dua skala yaitu skala kompetensi interpersonal yang berjumlah 20 item dan skala pola asuh 20 item. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 16 februari 2011. Metode analisis data yang digunakan yaitu Anava 1 Jalur yang dibantu dengan komputasi program statistic ( SPSS Windows 13). Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kompetensi interpersonal pada remaja berdasarkan pola orang tua, hasil hipotesis menunjukkan Fhitung sebesar = 6.883 dengan p = 0.003, karena nilai p < 0.01 sehingga dapat dinyatakan sangat signifikan, artinya ada perbedaan kompetensi interpersonal remaja berdasarkan pola asuh orang tua kelas X SMA Taman Madya Malang. Berarti lingkungan keluarga dengan berbagai jenis pola asuh orang tua dapat membedakan kompetensi interpersonal pada remaja awal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:55
Last Modified: 13 Jun 2016 06:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31905

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo