UMM Institutional Repository

PENERIMAAN ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNA GANDA

TAURISHA, IKE (2011) PENERIMAAN ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK TUNA GANDA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iketaurish-23625-BAB+I.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-iketaurish-23625-PENDAHUL-N.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si. (2) Ari Firmanto, S.Psi. Tuna ganda merupakan adanya kombinasi dari kelemahan dan kerusakan-kerusakan beberapa fungsi, seperti kombinasi lemah mental dengan kebutaan, lemah mental dengan cacat tubuh, dan lainnya yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan dalam kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan, bertahan hidup, dan dalam proses belajar anak. Pada kenyataannya kebanyakan dari orang tua yang kurang bisa menerima anaknya dikarenakan anak tersebut dalam keadaan cacat. Keengganan menerima situasi seperti itu sering disertai perasaan menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan si anak. Banyak keluarga yang secara drastis mengubah cara hidup mereka karena kehadiran anak yang cacat di dalam keluarga dan hampir sama sekali menarik diri dari kegiatan-kegiatan masyarakat. Hal ini akan memberikan efek psikologis yang muncul akibat dari rejection orang tua atau keluarga. Untuk membantu tumbuh kembang anak diperlukan peran, bantuan, dan kesabaran khusus dari orang tua. Namun bukan hanya sekedar bantuan dan belas kasihan, melainkan lebih dari itu yaitu perhatian yang besar terhadap keberadaan dan potensinya yang perlu dikembangkan, selain itu pengertian dan penerimaan dari orang tua yang akan membawa pengaruh bagi perkembangannya. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti ingin mengetahui gambaran penerimaan orang tua yang memiliki anak tuna ganda. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data deskriptif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua anak tuna ganda sebanyak 2 pasang orang tua.Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif yaitu menggunakan kata-kata untuk menggambarkan penerimaan orang tua yang memiliki anak tuna ganda. Sedangkan uji keabsahan data dalam penetian ini adalah teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa gambaran penerimaan dari keempat subjek terutama ditunjukkan dengan memberikan perhatian dan cinta kasih sayang yang tulus kepada anak, menempatkan anak dalam posisi penting dalam rumah, mengembangkan hubungan yang hangat dengan anak dan bersikap respek kepada anak. Beberapa subjek juga menunjukkan penerimaanya dengan mendorong anak untuk menyatakan perasaan atau pendapatnya dan juga komunikasi dengan anak secara terbuka dan mau mendengarkan masalahnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:54
Last Modified: 13 Jun 2016 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31904

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo