UMM Institutional Repository

STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG

Rahmadani, Dedy (2011) STUDI TENTANG FAKTOR-FAKTOR PEMBENTUK KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA JASA PENGIRIMAN BARANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dedyrahmad-23626-BAB+I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dedyrahmad-23626-PENDAHUL-N.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Djudiyah, (2) Tri Muji Ingarianti Pada dasarnya kepercayaan konsumen merupakan salah satu faktor yang menentukan daya saing untuk memenangkan persaingan. Sebab jika pelanggan tidak percaya mereka akan menyikapi dengan meninggalkan merek tersebut dan beralih menjadi konsumen pihak pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengurutkan faktor-faktor pembentuk kepercayaan konsumen pada jasa pengiriman barang. Penelitian ini menggunakan penelitian noneksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna jasa pengiriman barang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dimana sampelnya berjumlah 50 orang dengan ketentuan sampel yang menggunakan jasa pengiriman barang tiga kali atau lebih dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan teknik prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pembentuk kepercayaan konsumen pada jasa pengiriman barang yang cenderung tinggi dipengaruhi oleh karakteristik hubungan merek dan konsumen (40%) dimana pengalaman terhadap merek dan kepuasan menggunakan merek pada jasa pengiriman barang lebih tinggi. Kemudian di urutan kedua faktor karateristik merek cenderung mempengaruhi kepercayaan konsumen pada jasa pengiriman barang (34%) dimana kompetensi merek berupa asuransi yang diberikan pada barang/paket serta reputasi merek berupa kecepatan dalam pengiriman. Dan diurutan ketiga faktor karakteristik perusahaan (26%) cenderung mempengaruhi kepercayaan konsumen pada jasa pengiriman barang yang cenderung pada integritas perusahaan berupa ketepatan waktu kiriman dan menjaga keamanan isi barang/paket yang didasarkan oleh janji perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:50
Last Modified: 13 Jun 2016 06:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31902

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo