UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI POLA PENGASUHAN ORANG TUA DARI REMAJA YANG MELAKUKAN SEKS PRANIKAH

Anatoni, Myristica (2011) IDENTIFIKASI POLA PENGASUHAN ORANG TUA DARI REMAJA YANG MELAKUKAN SEKS PRANIKAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-myristicaa-23627-BAB+I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-myristicaa-23627-PENDAHUL-N.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Dr. Latipun, M.Kes, (2) M. Salis Yuniardi, M.Psi. Perilaku seks pranikah semakin marak terjadi dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya dikalangan remaja dalam rentang usia 14-19 tahun. Remaja menjadi pelaku yang lebih banyak karena disaat masa remaja mereka akan lebih meluangkan banyak waktu bersama teman-teman dan mulai intim bersama lawan jenis, selain itu pada masa remaja organ-organ seksual dan dorongan seksual sudah mulai matang. Perilaku seks pranikah sendiri adalah hubungan seks secara bebas dan awut-awutan dengan siapapun juga, dengan banyak orang; merupakan tindak seksual imoril, terang-terangan, dan tanpa malu-malu, sebab di dorong oleh nafsu-nafsu seks yang tidak terintegrasi, tidak "matang/dewasa", tidak wajar. Sedangkan perilaku seks pranikah memiliki banyak dampak negatif, antara lain penyebab utama timbulnya penyakit menular seks (PMS), kehamilan diluar nikah, dan HIV AIDS jika dilakukan dengan banyak pasangan. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan munculnya perilaku seks pranikah dikalangan remaja adalah pola pengasuhan dari orang tua. Pola asuh adalah cara orang tua mendidik dan membesarkan anak-anaknya dengan beberapa cara seperti menerapkan aturan-aturan, mencurahkan kasih dan memberikan perhatian. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang yang terdiri dari tiga orang ayah dan empat orang ibu. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Metode analisa data menggunakan analisa data kualitatif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, dan informan dalam penelitian ini adalah anak-anak dari subjek penelitian yang berjumlah sembilan orang. Dari penelitian yang telah dilakukan dan hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa munculnya perilaku seks pranikah dikalangan remaja adalah karena keterikatan atau kedekatan emosional antara orang tua dan anak tidaklah kuat, peran ayah dan ibu tidak berjalan efektif dan tidak ada aturan yang tegas dan bimbingan dari orang tua kepada anak dalam hal pergaulan dengan dunia diluar lingkungan keluarga khususnya saat anak-anak mereka mulai berpacaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:48
Last Modified: 13 Jun 2016 06:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31900

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo