UMM Institutional Repository

MAKNA PSIKOLOGIS MEMILIKI HEWAN PELIHARAAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

RASYIDA, UMI (2011) MAKNA PSIKOLOGIS MEMILIKI HEWAN PELIHARAAN PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-umirasyida-21931-pendahul-n.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-umirasyida-21931-BAB+I.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Hampir setiap anak menyukai binatang, baik binatang itu sebagai tokoh dalam buku cerita, film, ataupun yang mereka lihat langsung dirumah ataupun di kebun binatang. Binatang bagi mereka tidak berbeda seperti teman bermain yang unik dan menyenangkan. Sejak awal kehidupannya anak sudah cenderung menunjukkan ketertarikannya pada binatang. Menurut pemaparan beberapa ahli bahwa memiliki hewan peliharaan dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, harga diri anak juga dapat meningkat, serta memiliki skala empati dan orientasi prososial lebih tinggi. Selain itu antara pemilik dan hewan peliharaan juga memiliki ikatan emosional yang kuat. Berdasarkan uraian tersebut peneliti tertarik untuk mengetahui makna psikologis memiliki hewan peliharaan pada anak usia sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Penelitian ini meneliti 3 subjek anak usia sekolah dasar yang memiliki hewan peliharaan. Peneliti menggunakan metode wawancara semi tersetruktur sebagai teknik pengumpulan data serta melakukan keabsahan data dengan triangulasi sumber, dengan informan penelitian adalah anggota keluarga subjek. Pada makna psikologis memiliki hewan peliharaan secara kognitif ketiga subjek berpikir bahwa hewan peliharaannya tidak sebatas sebagai hewan yang berkewajiban untuk dirawat dan diajak bermain, namun dua subjek lebih menganggap hewan peliharaannya sebagai saudara dan satu subjek menganggap hewan peliharaannya sebagai sahabat. Sehingga ketiga subjek selalu memikirkan keadaan hewan peliharaannya ketika sakit ataupun ketika berada jauh dari subjek. Makna psikologis secara afektif terlihat dari rasa sayang ketiga subjek pada hewan peliharaannya sama halnya dengan menyayangi sahabat ataupun saudaranya sendiri layaknya kepada manusia. Rasa khawatir pada keadaan hewan peliharaan dan takut kehilangan (mati) akan muncul ketika hewan peliharaannya sakit dan saat berada jauh. Perasaan kesepian juga sering muncul ketika berada jauh dari hewan peliharaannya. Dengan seringnya ketiga subjek bersama hewan peliharaannya tidak hanya menyebabkan timbulnya kedekatan fisik namun juga membentuk kedekatan emosi diantara keduanya. Makna psikologis secara konatif yang dapat dilihat bahwa ketiga subjek selalu berusaha untuk menambah informasi mengenai hewan peliharaan ataupun hewan lainnya, agar dapat merawat hewan peliharaannya dengan baik dan tepat sehingga tumbuh dengan sehat. Ketiga subjek memiliki kebiasaan bercerita dengan hewan peliharaannya mengenai teman ataupun pengalaman subjek yang dianggap sebuah rahasia bagi subjek dan mungkin tidak diceritakan kepada orang lain. Bahkan dua subjek sering sering mengajak tidur bersama hewan peliharaannya di kamar tidurnya ketika waktu tidur siang. Makna psikologis ketiga subjek secara umum terhadap hewan peliharaannya adalah memiliki bagian penting pada diri subjek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:46
Last Modified: 13 Jun 2016 06:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31899

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo