UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS SISWA SMP AL-IRSYAD BOARDING SCHOOL BATU

ULFAH, AULYA (2011) IDENTIFIKASI KEBUTUHAN PSIKOLOGIS SISWA SMP AL-IRSYAD BOARDING SCHOOL BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aulyaulfah-21932-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aulyaulfah-21932-BAB+I.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain terlebih lagi pada remaja. Lingkungan keluarga adalah faktor pertama dan utama dalam pemenuhan kebutuhan anak karena anak-anak lebih banyak menghabiskan waktu bersama orang tua. Sehingga ketika remaja mereka cenderung membawa apa yang mereka bawa dari rumah dalam hal ini kepribadian. Sudah diketahui bahwa masa remaja adalah masa dimana seseorang mencari identitas diri mereka sehingga sebagian remaja mengalami kebingungan dengan keadaan dirinya. Pembahasan tentang pencarian identitas diri berkaitan dengan kepribadian. Kepribadian dalam hal ini adalah gambaran dan identifikasi kebutuhan-kebutuhan remaja pada usia SMP dimana remaja pada usia ini sebagian dari mereka memiliki kecenderungan untuk mengarahkan perilakunya pada pemuasan kebutuhan yang bersifat negatif seperti membolos, merokok, berkelahi dll. Apakah dengan terlibatnya siswa dengan kegiatantersebut akan diperoleh gambaran kebutuhan yang mengarah pada perilaku tersebut atau tidak? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran dan mengidentifikasi kebutuhan pada siswa SMP Al Irsyad Islamic Boarding School. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Al Irsyad Islamic Boarding School dengan usia 15 sampai dengan 17 tahun. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 20 orang. Pengambilan data dilakukan pada tanggal 20 Maret - 30 Maret 2011. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel dan grafik sehingga dapat dianalisa dengan mudah. Dari hasil analisa data dapat diidentifikasi kebutuhan-kebutuhan psikologis yang tinggi pada siswa adalah need Order dengan prosentase 65%, need Abasement dengan prosentase 40% dan need Succorence dengan prosentase total 70%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa SMP Al Irsyad Boarding School Batu memiliki kebutuhan akan kedisiplinan dan keteraturan. Hasil ini memberikan gambaran bahwa siswa mengerti dan memahami tentang kedisiplinan dan kepatuhan akan aturan. Akan tetapi, peraturan dan lingkungan asrama yang ketat dan keras membuat siswa merasa terkekang yang menyebabkan mereka sering melanggar aturan dan mendapatkan hukuman. Sehingga kebutuhan akan rasa bersalah pada diri siswa juga cukup tinggi. Oleh karena itu siswa sangat membutuhkan dukungan dan bantuan dari orang lain terutama dari guru dan orang-orang yang berada di sekitar siswa dengan memberikan perhatian, nasehat-nasehat serta kasih sayang kepada mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:43
Last Modified: 13 Jun 2016 06:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo