UMM Institutional Repository

STUDI TENTANG MOTIVASI MEMBELI MOBIL

Dhomai, W. Titag Kendedy (2012) STUDI TENTANG MOTIVASI MEMBELI MOBIL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--wtitagkend-27271-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--wtitagkend-27271-1-pendahul-n.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Pembimbing 1. Djudiyah, Pembimbing 2. M. Shohib. Adanya keinginan konsumen untuk membeli suatu produk, khususnya mobil, tentu dilatarbelakangi oleh adanya suatu kebutuhan tertentu dalam diri mereka. Proses timbulnya kebutuhan pada diri konsumen untuk membeli barang merupakan proses psikologis. Timbulnya suatu kebutuhan secara teoritis berkaitan erat dengan teori hirarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Maslow bahwa manusia mempunyai lima tingkat atau hierarki kebutuhan, yaitu: (1) kebutuhan fisiologikal (physiological needs), seperti rasa lapar, haus, istirahat dan seks; (2) kebutuhan rasa aman (safety needs), tidak dalam arti fisik semata, akan tetapi juga mental, psikologikal dan intelektual; (3) kebutuhan akan kasih sayang (love needs); (4) kebutuhan akan harga diri (esteem needs), yang pada umumnya tercermin dalam berbagai simbol-simbol status; dan (5) aktualisasi diri (self actualization), dalam arti tersedianya kesempatan bagi seseorang untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya sehingga berubah menjadi kemampuan nyata. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini sebanyak 34 orang, dimana diambil dari konsumen di Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala. Uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan analisa alpha. Analisa datanya menggunakan T-score. Hasil penelitian menemukan bahwa ada 19 orang (55,9%) responden yang memiliki motivasi tinggi untuk membeli mobil dan ada 15 responden (45,1%) yang memiliki motivasi rendah untuk membeli mobil. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa konsumen di Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang memiliki motivasi yang tinggi dalam membeli mobil, guna memenuhi kebutuhan akan harga diri dan aktualisasi dirinya. Hasil ini dipertegas dengan adanya karakteristik konsumen Indonesia yang antara lain senang menunjukkan gengsi atau harga dirinya di mata orang lain. Artinya, adanya kebutuhan untuk mendapat perhatian, pujian, pengakuan dari orang lain, belajar automotif, olahraga, dan bisnis mobil menjadi faktor pendorong atau motivasi yang tinggi dalam membeli mobil bagi konsumen di Desa Tegalgondo Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Kalau dilihat dari analisis per aspek ditemukan bahwa ada 22 orang (64,7%) yang termotivasi membeli mobil bukan karena faktor fisiologis, namun pada esteem needs ditemukan ada 22 orang (64,7%) yang memiliki motivasi tinggi untuk membeli mobil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:40
Last Modified: 13 Jun 2016 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31895

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo