UMM Institutional Repository

Gambaran Kematangan Karir Siswa Madarasah Aliyah Negeri 3 Malang

Hafny, Rizha Amilya (2012) Gambaran Kematangan Karir Siswa Madarasah Aliyah Negeri 3 Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--rizhaamily-27463-2-babi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--rizhaamily-27463-1-pendahul-n.pdf

Download (425kB) | Preview

Abstract

Yudi Suharsono, S.Psi, M.Si Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si Kematangan karir merupakan suatu situasi kesiapan dari seseorang untuk mengetahui dan memahami tentang arah minat dan potensi yang dimilikinya, sehingga diharapkan dengan pemahamannya maka ia akan dapat menentukan bidang pendidikan lanjutan ataupun pekerjaan yang diinginkannya dengan pertimbangan yang bijaksana. Sehingga lebih jauh lagi akan memudahkannya untuk dapat fokus pada bidang karir tersebut dan dapat sejahtera dalam menjalankannya. Dalam proses pencapaian kematangan karir remaja (siswa) akan dihadapkan pada pengambilan keputusan mengenai karir. Pengambilan keputusan karir dipengaruhi oleh perkembangan identitas ego. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini akan mengangkat permasalahan mengenai kematangan karir pada siswa yang bertujuan memperoleh gambaran kematangan karir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Di Madrasah Aliyah Negri 3 Malang. Adapun tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik Cluster sampling. Dimana jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket semi terbuka, yaitu angket kematangan karir. Dalam menganalisa data digunakan analisa statistik parametrik yang dimana akan diperoleh persentase jawaban, yang kemudian persentase tersebut akan dideskripsikan sehingga diperoleh sebuah gambaran sebagai hasil penelitian. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah secara umum siswa MAN 3 Malang dapat dikategorikan matang secara karir, walaupun kematangan karirnya masih berada pada tahap eksplorasi mengenai karir yang akan dipilih untuk didalami namun belum sampai pada tahap memutuskan pilihan akhir karirnya. Siswa MAN 3 Malang memiliki pengetahuan yang memadai tentang karir guna menunjang bagi perencanaan karirnya, mampu memanfaatkan sumber-sumber informasi secara maksimal untuk melakukan eksplorasi mengenai karir serta memiliki wawasan yang memadai mengenai dunia kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:34
Last Modified: 13 Jun 2016 06:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31891

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo