UMM Institutional Repository

MODEL CINTA DAN GAYA KELEKATAN PADA MAHASISWA PELAKU KEKERASAN DALAM PACARAN

SEPUTRA, ARTHARIO AKBAR (2012) MODEL CINTA DAN GAYA KELEKATAN PADA MAHASISWA PELAKU KEKERASAN DALAM PACARAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--artharioak-28111-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--artharioak-28111-1-pendahul-n.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Pembimbing: (1) Tri Dayakisni, (2) Hudaniah Pacaran bisa jadi pengalaman yang indah dan memberikan kesempatan untuk tumbuh dan dewasa dalam pengertian dan hubungan dengan lawan jenis. Pacaran memberikan kita untuk belajar cara saling mengerti, mengerti dan menghadapi masalah-masalah yang kadang sulit untuk dihadapi, yang muncul antara anak perempuan dan anak laki-laki. Jika kita jalani dengan benar, pacaran dapat mempunyai tujuan, menyenangkan dan menjadi berkat bagi hidup kita. Namun jika dijalani dengan salah, pacaran dapat menguras dan mengalihkan kita dari tujuan pacaran yang sebenarnya. Kesalahan inilah yang biasanya memicu terjadinya kekerasan dalam berpacaran. Setiap individu yang berpacaran memiliki gaya cinta yang masing-masing berbeda antara satu dengan lainnya. Pengungkapan cinta yang dimiliki oleh masing-masing individu sangatlah berbeda dan hal ini dipengaruhi oleh gaya cinta yang mereka miliki. Selain model cinta, gaya kelekatan pada suatu pasangan juga memiliki pengaruh terhadap kemungkinan munculnya perilaku kekerasan dalam berpacaran. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model cinta dan gaya kelekatan pada mahasiswa pelaku kekerasan dalam pacaran Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah individu yang menjadi pelaku kekerasan dalam berpacaran yang berjumlah sebanyak 3 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber, yang mana dalam hal ini wawancara juga dilakukan terhadap subyek serta pasangan subyek sebagai cross check data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kecenderungan bentuk KDP yang terjadi yaitu kekerasan emosional, yang ditandai dengan perilaku subyek yang sering marah dan memaki pasangannya. Selain itu juga, kecenderungan bentuk KDP yang terjadi yaitu kekerasan fisik, khususnya pada subyek Udo dan FH, yang ditandai dengan perilaku memukul atau menampar yang dilakukan oleh subyek pada pasangannya. Adapun model cinta yang terbentuk pada ketiga subyek penelitian ini adalah model cinta Mania (cinta memiliki). Hal tersebut ditandai dengan besarnya rasa cemburu yang besar dan berlebihan, sehingga seringkali merugikan subyek serta pasangannya sendiri. Sedangkan pola gaya lekat yang terbentuk adalah pola cemas ambivalen, yang ditandai dengan susahnya subyek untuk mempercayai pasangannya serta memiliki kekhawatiran yang tinggi akan kehilangan pasangannya, sehingga sebisa mungkin akan berusaha mempertahankan pasangannya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:33
Last Modified: 13 Jun 2016 06:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31890

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo