UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU DESTRUKTIF PADA REMAJA PELAKU BALAP LIAR

Wirawan, Candra (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI PERILAKU DESTRUKTIF PADA REMAJA PELAKU BALAP LIAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-candrawira-22197-Pendahul-n.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-candrawira-22197-BAB+I.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi oleh karena itu remaja seringkali melakukan tindakan pelanggaran. Tindakan yang dilakukan tidak jarang bisa membahayakan diri mereka sendiri maupun orang lain. Hal inilah yang disebut sebagai perilaku destruktif, karena sifatnya yang dapat mengancam dan merusak atau bahkan menghancurkan. Dalam hal ini, remaja yang melakukan pola-pola perilaku tersebut biasanya melakukan sebuah kegiatan atau tindakan yang dapat membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain dengan tujuan untuk mencapai apa yang menjadi keinginan mereka atau sebagai bentuk penyampaian maksudnya. Salah satu kegiatan yang dapat dikategorikan sebagai kegiatan yang bersifat destruktif adalah balap liar karena balap liar tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh IMI (Ikatan Motor Indonesia), selain itu balap liar dapat membahanyakan para pelakunya dan orang lain yang tidak terlibat langsung dalam kegiatan tersebut. Melalui penelitian dalam skripsi ini, peneliti mencoba untuk mencari tahu faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku destruktif pada remaja pelaku balap liar. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah jenis kualitatif deskriptif. Metode kualitatif ini digunakan karena penelitian ini menggunakan latar belakang ilmiah, dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan jalan melibatkan berbagai metode yang ada. Adapun subjek penelitian berjumlah 3 orang remaja pelaku balap liar. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Sementara itu, keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa perilaku balap liar dapat dipicu oleh faktor internal seperti pada subjek BRT, timbulnya perilaku destruktif melalui balap liar karena adanya keinginan dalam diri subjek untuk memenuhi kebutuhan fisiologis, subjek AR dan AL yang ingin mendapatkan perhatian dari orang lain. Selain itu, perilaku destruktif juga dapat di pengaruhi oleh faktor eksternal, salah satunya dipengaruhi oleh teman bergaul dan bengkel-bengkel yang menyediakan fasilitas balap.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:22
Last Modified: 13 Jun 2016 06:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31881

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo