UMM Institutional Repository

PERBEDAAN MOTIVASI K RJA ANTARA GURU SLB(Sekolah Luar Biasa) YANG TERSERTIFIKASI DENGAN YANG TIDAK TERSERTIFIKASI DI KABUPATEN SIDOARJO

Hidayah, Rahmawati (2011) PERBEDAAN MOTIVASI K RJA ANTARA GURU SLB(Sekolah Luar Biasa) YANG TERSERTIFIKASI DENGAN YANG TIDAK TERSERTIFIKASI DI KABUPATEN SIDOARJO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmawatih-22198-PENDAHUL-N.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmawatih-22198-BAB+I.pdf

Download (30kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peran sentral dalam membangun masyarakat untuk mencapai kemajuan. Guru sebagai tenaga pendidikan memiliki peranan penting dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat tersebut. Saat ini professional guru sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sangat berhubungan dengan fondasi dari pembentukan sumber daya manusia. Permasalahan yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan professional para guru melaksanakan pembelajaran dapat digolongkan ke dalam dua macam, yaitu permasalahan yang ada dalam diri guru itu sendiri (internal), permasalahan yang ada diluar guru (eksternal). Victor H. Vroom menjelaskan bahwa motivasi adalah hasil dari tiga faktor: seberapa besar seseorang menginginkan imbalan (valensi), perkiraan orang itu tentang kemungkinan bahwa upaya yang dilakukan akan menimbulkan prestasi yang berhasil (harapan), dan perkiraan bahwa prestasi itu akan menghasilkan perolehan imbalan (instrumentalitas). Guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar-mengajar, yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Dalam Undang-Undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada Bab 1 Pasal 1 Ayat 11 juga disebutkan bahwa : "Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk Guru dan Dosen. Penelitian ini menggunakan penelitian noneksperimen. Teknik ssampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel kluster. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah 100 guru dengan tingkat kelompok sertifikasi dan tidak tersertifikasi. Untuk mengetahui perbedaan motivasi kerja guru yang tersertifikasi dengan yang tidak tersertifikasi maka peneliti menggunakan teknik statistic uji t-test Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa perbedaan motivasi kerja guru slb yang tersertifikasi dengan yang tidak tersertifikasi mempunyai t-hitung (t=4.088). sedangkan taraf kesalahannya adalah (p) = 0,000 yaitu sangat signifikan yang berarti bahwa ada perbedaan motivasi kerja guru slb (t=4.088; sig 0.000 < 0.01) antara yang tersertifikasi dengan yang tidak tersertifikasi. Dimana motivasi kerja guru slb yang tersertifikasi (x sertifikasi=51.95) lebih tinggi disbanding dengan guru slb yang tidak tersertifikasi (x non sertifikasi=45.66). berdasarkan uraian tersebut hipotesis yang diajukan peneliti tidak dapat diterima karena tingginya motivasi kerja guru yang tersertifikasi dipengaruhi beberapa faktor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 13 Jun 2016 06:18
Last Modified: 13 Jun 2016 06:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31878

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo