UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA AWAL

Putri, Andira Dwi (2011) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA REMAJA AWAL. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-andiradwip-20990-PENDAHUL-N.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-andiradwip-20990-BAB+I.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Remaja sebagai makhluk sosial dimana dalam kehidupan sehari-harinya selalu mengadakan hubungan atau berinteraksi dengan orang lain lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu remaja dituntut untuk dapat menyesuaiakan diri dengan baik. Dengan penyesuaian diri yang baik menjadikan remaja dapat memenuhi tuntutan lingkungan, menumbuhkan rasa berharga dan berati, serta dapatmenerima kelebihan dan kekurangan dalam dirinya Untuk dapat menyesuaiakan diri dengan baik dibutuhkan kepercayaan diri dalam diri remaja. Karena kepercayaan diri merupakan faktor pendukung dalam melakukan penyesuaian diri yang baik. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan kepercayaan diri dengan penyesuaian diri Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah variabel bebas (x) kepercayaan diri, sementara variabel terikat (y) penyesuaian diri. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dengan skala penyesuaian diri. teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 180 siswa. Analisis data yang digunakan adalah data korelasi product moment dimana teknik ini digunakan untuk mengungkapkan korelasi atau hubungan antara variebel x dan variabel y serta seberapa besar variabel x berpengaruh pada variabel y Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan penyesuaian diri pada remaja awal yang berarti semakin tinggi kepercayaan diri maka semakin tinggi pula penyesuaian dirinya. Adapun korelasi (r) 0,429, sedangkan sumbangan efektif terhadap penelitian dari koefisien determinan (r2) adalah sebesar 0,184 yang berarti bahwa kepercayaan diri memiliki sumbangan efektif terhadap penyesuaian diri sebesar 18,4%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:16
Last Modified: 13 Jun 2016 03:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31869

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo