UMM Institutional Repository

KEBERMAKNAAN HIDUP WANITA SINGLE PARENT PADA MASA LANSIA

THAUFANI, FIKRI (2011) KEBERMAKNAAN HIDUP WANITA SINGLE PARENT PADA MASA LANSIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fikrithauf-20991-PENDAHUL-N.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-fikrithauf-20991-BAB+I.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Wanita single parent pada masa lansia dapat terjadi karena proses kematian pasangan maupun proses perceraian. Hidup sebagai wanita single parent masa lansia banyak memberikan pengaruh dan kondisi kehidupan, perubahan peran dan tanggung jawab dialami setelah proses kehilangan pasangan. Penyesuaian diri wanita single parent lansia terhadap kondisi kehidupan sepeninggal pasangan merupakan hal yang penting dilakukan karena proses penyesuian diri terhadap kondisi kehidupanya tersebut merupakan proses untuk menuju kepuasan hidup di masa tua. Dengan kondisi seperti ini dapat dianggap wanita single parent lansia menemukan makna hidup. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui lebih lanjut tentang gambaran kebermaknaan hidup wanita single parent pada masa lansia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang akan mendeskripsikan atau menjabarkan semua data yang didapat tentang gambaran kebermaknaan hidup waita single parent pada masa lansia. Subyek dalam penelitian ini adalah wanita single parent lansia sebanyak dua orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Dan metode keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kebermaknaan hidup pada subjek kehilangan pasangan karena kematian memberikan makna sebagai sebuah ujian untuk bersikap sabar dalam menghadapi problematika kehidupan sehingga dapat berjuang dalam kehidupan tanpa pasangan, sedangkan pada subjek yang mengalami perceraian memaknai perpisahannya sebagai jalan keluar untuk tidak berharap kepada pasangan dan sebagai pengobat dari rasa kekecewaan terhadap pasangan. Kondisi kehidupan tanpa pasangan yang dialami kedua subjek membuat mereka berusaha tetap mandiri, semangat dan termotivasi diri untuk membuktikan bahwa menjadi seorang wanita single parent pada masa lansia adalah sebuah usaha untuk melakukan hal kebaikan yang dapat bermanfaat bagi keluarga dan orang lain. Kedua subyek menemukan makna hidup dengan memenuhi lima cara dalam proses menemukan makna hidup. Kelima cara tersebut terdiri dari pemahaman diri, bertindak positif, pengakraban hubungan, pendalaman dan penerapan nilai-nilai nilai kreatif, nilai penghayatan, nilai bersikap, nilai pengharapan serta melakukan ibadah. Kelima nilai tersebut tujuannya untuk menjajagi sumber kehidupan yang tersirat dari pengalaman pribadi, kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:14
Last Modified: 13 Jun 2016 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31868

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo