UMM Institutional Repository

STRES KERJA PADA KARYAWAN YANG BEKERJA MENGGUNAKAN MESIN SISTEM KONTROL DI PERTAMINA UNIT PENGOLAHAN V BALIKPAPAN

PUSPITA, NURAINA (2011) STRES KERJA PADA KARYAWAN YANG BEKERJA MENGGUNAKAN MESIN SISTEM KONTROL DI PERTAMINA UNIT PENGOLAHAN V BALIKPAPAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurainapus-20993-PENDAHUL-N.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurainapus-20993-BAB+I.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Di pabrik besar produksinya yang berjumlah banyak, jumlah mesin yang sangat banyak dan berbagai jenis mesin yang berbeda beda sehingga dapat menimbulkan suatu ketegangan (stress) pada pekerja. Begitu juga mesin berjalan cepat memerlukan kontrol ketat dari pekerja. Bagi pekerja merasakan bahwa dirinya dikontrol oleh mesin yang tentunya untuk melihat hasil akhir produksi dan menyebabkan kurangnya rasa tanggung jawab. Di Pertamina UP V Balikpapan ini penggunaan mesin secara manual para karyawan secara langsung melihat kondisi mesin dan terjun langsung ke lapangan untuk mengecek mesin sehingga tidak ada kerusakan dan kebocoran. Pada bagian pengolahan terdapat suatu mesin yang berada di dalam ruangan yang disebut control room mesin ini digunakan dengan otomatis yang berupa layar komputer yang tidak hanya satu tetapi dengan jumlah yang banyak. Mesin ini membutuhkan perhatian yang banyak dari karyawan karyawan atau pengguna mesin. Sehingga para karyawan yang menggunakan mesin ini harus lebih fokus ke layar komputer untuk melihat mesin atau pompa atau pipa yang berada di kawasan industri pertamina. Pada individu karyawan untuk penggunaan mesin dengan kondisi karyawan yang terganggu harus tetap menjalankan pekerjaan dengan sebaik mungkin agar tidak ada kesalahan dan kecelakaan dalam bekerja. Kurang nya kerjasama dan komunikasi yang kurang baik antar karyawan akan menyebabkan kecelakaan kerja di dalam pabrik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, subyek penelitian berjumlah 70 karyawan Pertamina Balikpapan yang menggunakan mesin system kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan instrument skala sebagai metode pengumpulan data Serta analisa data yang digunakan untuk menentukan kategori tinggi dan rendah dengan t-score lalu di prosentasekan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa tingkat stress kerja karyawan Pertamina yang dilihat dari per aspek maka didapatkan hasil yaitu dari aspek lingkungan (52,9%) dan hubungan antar pribadi (54,3%). Dan tingkat stress kerja terendah yang dialami karyawan pada aspek individual (57,1%). Tingkat stress kerja yang dialami karyawan menggunakan mesin system kontrol yang dilihat secara keseluruhan adalah rendah (57,1%) karena Perusahaan memberi imbalan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan karyawannya agar tidak mengalami stress kerja yang berlebihan dan pekerjaan tetap berjalan dengan baik sehingga dapat meminimilazir stress kerja yang dialami karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:10
Last Modified: 13 Jun 2016 03:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31866

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo