UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA ENTREPRENEURSHIP DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA AMAN KARYAWAN YANG PENSIUN DINI

KURNIASARI, YULIA GABY (2011) HUBUNGAN ANTARA ENTREPRENEURSHIP DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN RASA AMAN KARYAWAN YANG PENSIUN DINI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yuliagabyk-20995-PENDAHUL-N.pdf

Download (868kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yuliagabyk-20995-BAB+I.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Perampingan karyawan pada sebagian besar perusahaan telah marak terjadi. Dengan tujuan merampingkan jumlah karyawan dan memaksimalkan kinerja karyawan, maka perusahaan menawarkan program pensiun dini kepada sebagian karyawannya. Namun tidak sedikit karyawan yang dengan sendirinya memutuskan untuk pensiun dini, dengan alasan akan melanjutkan untuk berwirausaha. Bagi mereka yang memutuskan pensiun dini, tentunya akan memasuki fase baru dalam kehidupannya, yaitu fase di mana sudah tidak bekerja lagi. Hal ini dapat mempengaruhi kebutuhan rasa aman karyawan, tentunya dengan keputusan untuk pensiun dini, mereka telah memiliki kesiapan dan rencana yang matang untuk tetap dapat memaksimalkan kemampuan. Bagi mereka yang memiliki jiwa entrepreneurship tinggi, maka kebutuhan rasa amannya akan tetap terpenuhi. Karena dengan kemampuan yang dimiliki untuk berwirausaha, pensiun bukan menjadi suatu beban untuk dijalani. Namun bagi mereka yang kurang memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi, maka tidak menutup kemungkinan kebutuhan akan rasa amannya belum dapat terpenuhi dengan baik, karena mereka tidak memiliki kemampuan untuk berwirausaha dan memanfaatkan waktu pensiunnya dengan baik. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara entrepreneurship dengan kebutuhan rasa aman karyawan yang memutuskan pensiun dini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan yang pensiun dini yang berdomisili di kota Malang dan Kediri. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik snowball sampling, berjumlah 33 karyawan. Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data interval. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode skala. Teknik analisa data menggunakan korelasi product moment Karl Pearson dengan program SPSS versi 13.00. Hasil analisa data diperoleh nilai r = 0.455 dan nilai p = 0,008 yang menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara entrepreneurship dengan kebutuhan rasa aman karyawan yang memutuskan pensiun dini. Artinya apabila entrepreneurship tinggi maka kebutuhan rasa amannya tinggi dan apabila entrepreneurship rendah, maka kebutuhan rasa aman akan rendah. Sumbangan efektif entrepreneurship terhadap kebutuhan rasa aman sebesar 20.7 % .

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:07
Last Modified: 13 Jun 2016 03:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31865

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo