UMM Institutional Repository

HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI KOSMETIK PADA MAHASISWA

ZAKARIA, SRI INDRAWATI (2011) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN INTENSI MEMBELI KOSMETIK PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sriindrawa-21000-PENDAHUL-N.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-sriindrawa-21000-BAB+I.pdf

Download (39kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa mengkompensasikan kekurangan pada penampilannya yaitu salah satunya dengan memakai atau membeli produk yang dirasa dapat menutupi rasa kurang percaya drinya tersebut. Dalam hal ini kosmetik menjadi salah satu alasan untuk tampil lebih percaya diri. Hal ini menjelaskan bahwa memiliki fisik yang sempurna tidaklah cukup. Mahasiswa (wanita), memerlukan hal-hal lain seperti make up untuk lebih menyempurnakan fisiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk menguji hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan yang negatif antara Kepercayaan Diri dengan Intensi Membeli kosmetik. Penelitian ini menggunakan teknik statistik yaitu teknik korelasional. Adapun populasi yang dipakai adalah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2009. Teknik Sampling yang digunakan adalah Cluster random sampling, dan didapatkan 144 mahasiswa untuk dijadikan sampel. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan skala dengan jenis skala likert. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisa data yang diperoleh, nilai koefisien korelasi (r hitung) = - 0,0438 dan p = 0,000, hal ini menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kepercayaan diri dengan intensi membeli. Artinya semakin tinggi kepercayaan diri, maka semakin rendah pula intensi membeli kosmetik pada mahasiswa, dan bila kepercayaan diri rendah, maka semakin tinggi intensi membelinya. Dari hasil perhitungan koefisien determinan variable (r2) diperoleh 0,192 atau sebesar 19,2 % yang menandakan bahwa kepercayaan diri memiliki sumbangan efektif terhadap intensi membeli kosmetik pada mahasiswa sebesar 19,2%, sedangkan sisanya 80,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:03
Last Modified: 13 Jun 2016 03:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31862

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo