UMM Institutional Repository

GAMBARAN KONFLIK PADA DEWASA AWAL ANAK DARI KELUARGA POLIGAMI

ANISA, ISNA (2011) GAMBARAN KONFLIK PADA DEWASA AWAL ANAK DARI KELUARGA POLIGAMI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-isnaanisa0-21189-PENDAHUL-N.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-isnaanisa0-21189-BAB+I.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan dalam pernikahan yang kemudian menjadi masalah keluarga adalah poligami, dimana seorang suami memiliki lebih dari satu orang istri dalam waktu yang bersamaan. Kasus poligami akan cenderung membawa dampak atau trauma pada setiap tingkat usia anak meski dengan kadar yang berbeda termasuk anak usia dewasa awal yang mana pada usia ini anak mulai mencari pasangan hidup. Hal ini sesuai dengan salah satu tugas perkembangan dewasa awal yaitu masa mencari pasangan serta membina rumah tangga. Dalam penelitian ini akan dibahas bagaimana gambaran konflik pada anak dewasa awal dalam keluarga poligami. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana penelitian akan menghasilkan data deskriptif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 2 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan TAT (Thematic Apperception Test). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yaitu upaya yang dilakukan dengan jalan mencari dan menemukan pola dan menemukan apa yang penting. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode. Diharapkan dengan menggunakan metode ini, data yang di dapat bisa lebih mendalam. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data menggambarkan bahwa anak-anak yang ayahnya berpoligami akan cenderung membutuhkan kasih sayang dari figur ayah namun ayah pergi meninggalkannya. Kebutuhan kasih sayang dari figur ayah ini merupakan proyeksi dari kecemasan (anxiety) karena ditinggalkan ayah. Kedua subyek memiliki self esteem yang rendah, hal ini mengakibatkan subyek sulit dalam bergaul dan sulit mendapatkan pasangan. Kedua subyek juga memiliki kebutuhan untuk menikah, namun subyek memiliki trauma untuk menikah. Subyek takut apabila pernikahannya kelak akan memiliki konflik seperti pada pernikahan kedua orang tuanya. Subyek melakukan represi terhadap permasalahan keluarganya. Hasil dari penelitian juga menemukan hal yang menarik yaitu salah satu subyek penelitian menginginkan pendidikan namun kurang mendapatkan dukungan secara moral maupun finansial. Salah satu subyek juga menginginkan ketenangan tetapi orang tua sering bertengkar. Salah satu subyek penelitian bingung untuk memihak, antara memihak ayah atau memihak ibu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:01
Last Modified: 13 Jun 2016 03:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31861

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo