UMM Institutional Repository

MANAJEMEN STRES ISTRI YANG DITINGGAL SUAMINYA BEKERJA DI LUAR NEGERI

Rahmanida, Erni (2011) MANAJEMEN STRES ISTRI YANG DITINGGAL SUAMINYA BEKERJA DI LUAR NEGERI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ernirahman-21193-Pendahul-n.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ernirahman-21193-BAB+I.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, dengan terus meningkatnya kebutuhan hidup dan tingginya persaingan dalam meniti karir membuat banyak suami memilih untuk meniti karir di luar kota bahkan di luar negeri. Banyak diantaranya yang terpaksa harus meninggalkan istri dan anaknya, sehingga terpisah untuk sementara waktu. Artinya selama suami bekerja di luar negeri, istri memiliki peran ganda sebagai seorang istri, ibu rumah tangga, pendidik, dan sebagainya. Tentunya tidak mudah untuk menjalankan peran ganda tersebut, karena adakalanya dihinggapi berbagai masalah yang menyangkut kejiwaan, yang apabila tidak diatasi bisa menimbulkan gangguan dalam diri seseorang baik fisiologis maupun psikologis. Gangguan yang sering dihadapi adalah berupa stres. Stres adalah respon organisme terhadap suatu keadaan mental dan emosi yang kacau atau terganggu karena adanya perubahan dan tekanan atau tuntutan-tuntutan, baik secara fisik maupun psikologis. Sedangkan sumber-sumber stres (stressor) dapat berupa suatu kejadian kecil dalam kehidupan sehari-hari. Ada orang yang mampu mengatasi stres tersebut dengan baik, dan ada pula yang tidak mampu mengatasinya. Kemampuan untuk mengelola stres (manajemen stres) akan menjadi penentu kekuatan orang untuk mengatasi stres dan menjalani hidup dengan berbagai permasalahannya. Dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen stres istri yang ditinggal suaminya bekerja di luar negeri. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 orang istri yang ditinggal suaminya bekerja di luar negeri dengan frekuensi pertemuan ≥ 6 bulan sekali, sudah memiliki anak, dan memiliki keluhan dalam menghadapi permasalahan di rumah tangganya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa wawancara. Dan analisa data yang digunakan adalah dengan metode analisis deskriptif. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber yaitu melakukan wawancara pada suami dan orang tua subyek. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subyek ini melakukan berbagai macam manajemen stres dalam menghadapi stressor yang juga beragam. Manajemen stres yang lebih sering dilakukan oleh keempat subyek adalah teknik sharing yaitu subyek mencoba membicarakan permasalahan yang dialaminya dan bertukar pendapat dengan suami, keluarga, dan orang terdekat lainnya. Selain itu, keempat subyek juga sering melakukan manajemen stres dengan teknik mendekatkan diri kepada Tuhan, dimana keempat subyek selalu menjalankan ibadahnya dan berdoa atas semua yang dialaminya, hal ini terbukti dapat mengurangi stres keempat subyek karena dengan beribadah semua masalah akan terasa ringan dan bisa bersabar menghadapi semuanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:53
Last Modified: 13 Jun 2016 02:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31858

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo