UMM Institutional Repository

PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TUNARUNGU

Wihdah, Rohama (2011) PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK TUNARUNGU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rohamawihd-21195-Pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rohamawihd-21195-BAB+I.pdf

Download (40kB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan faktor yang sangat penting untuk dihayati perkembangannya karena sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak yang memiliki kreativitas yang tinggi mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya sehingga dapat bertahan dan mengikuti kemajuan zaman yang semakin pesat dari waktu ke waktu. Setiap anak memiliki potensi kreatif dalam derajat yang berbeda-beda dan dalam bidang yang berbeda-beda pula. Untuk dapat mengembangkannya, seyogyanya dipupuk sejak dini agar mampu mendapatkan hasil yang optimal dalam pengembanan kreativitas anak. Pengembangan kreativitas sangat penting untuk dilakukan, dan hal tersebut tidak hanya dikhususkan pada anak-anak yang normal saja melainkan juga pada anak-anak yang luar biasa atau berkebutuhan khusus, seperti anak tunarungu. Salah satu bentuk permainan yang dapat meningkatkan kreativitas pada anak tunarungu adalah melalui permainan konstruktif, yang mana dalam hal ini mereka diberi kebebasan untuk mengembangkan daya imajinasinya.Selain itu dengan permainan ini anak dapat memperoleh kegembiraan dan kepuasan ego dengan membuat sesuatu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen kasus tunggal (single case eksperimental design). Desain kasus tunggal ini dimaksudkan untuk mengetahui efek suatu perlakuan dengan jalan membandingkan kondisi atau performasi subyek dari waktu ke waktu. Perilaku yang diamati diukur berulang-ulang selama periode tertentu saat perlakuan maupun setelah perlakuan. Subyek dari penelitian ini adalah 5 siswa SLB-C Pembina Tingkat Nasional Lawang. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa grafik yang bertujuan untuk membantu mengorganisasi data sepanjang proses pengumpulan data yang nantinya akan mempermudah dalam proses menganalisis pengaruh bermain konstruktif dalam mengembangkan kreativitas anak tunarungu. Hasil penelitian menemukan bahwa permainan konstruktif (bangun geometri, origami, dan lego) dapat mengembangkan kreativitas anak tunarungu. Hal ini dapat diketahui dari peningkatan skor kreativitas anak pada setiap permainan. Meskipun ada dua subyek pada satu permainan (bangun geometri) yang mengalami penurunan. Permainan lego dan permainan origami yang lebih mempengarungi peningkatan kreativitas pada anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:51
Last Modified: 13 Jun 2016 02:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31857

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo