UMM Institutional Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI LATAR BELAKANG PERILAKU IMMORAL PADA MAHASISWA

Rahman, Nahdiyah Ilma (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MENJADI LATAR BELAKANG PERILAKU IMMORAL PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nahdiyahil-21197-PENDAHUL-N.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nahdiyahil-21197-BAB+I.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Globalisasi telah menimbulkan pengaruh yang sangat luas dalam dimensi masyarakat. Globalisasi yang merupakan universalisasi nilai-nilai, menyebabkan banyak kearifan lokal menjadi luntur. Padahal dalam rangka pembangunan untuk meningkatkan daya saing di Negara Indonesia, diperlukan suatu bentuk moral yang sesuai dengan pandangan hidup bangsa dan falsafah hidup bangsa timur yang terkenal dengan sopan santun dan keramahtamahannya. Hal yang semacam inilah yang perlu dimiliki mahasiswa. Namun fakta yang terjadi saat ini adalah banyak mahasiswa telah kehilangan moral. Sering kita lihat atau kita dengar perilaku immoral yang dilakukan oleh para mahasiswa baik dari media cetak, media elektronik, media online, atau bahkan kita saksikan langsung dalam kehidupan nyata sekitar kehidupan kita. Seperti tawuran antar geng, tawuran antar mahasiswa, mengonsumsi miras (narkoba), pemerkosaan, seks bebas, pencabulan, dan pencurian. Hingga saat ini, perilaku immoral yang dilakukan oleh mahasiswa, semakin hari justru semakin menjadi-jadi. Maraknya perilaku immoral yang dilakukan mahasiswa tentu banyak dilatar belakangi oleh faktor-faktor seperti keluarga, kehidupan keberagamaan dalam keluarga, teman pergaulan, dan lingkungan sekitar yang ada di sekitar mahasiswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang melatar belakangi perilaku immoral mahasiswa agar seluruh lapisan masyarakat bisa mengetahui dan ikut berperan dalam mengurangi serta memberantas perilaku immoral yang dilakukan terutama oleh mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, subyek penelitian berjumlah 30 orang mahasiswa yang sedang dan pernah melakukan perilaku immoral. Pengambilan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian menggunakan metode angket sebagai metode pengumpulan data serta analisa data menggunakan prosentase. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Faktor-faktor yang menjadi latar belakang terjadinya perilaku immoral pada mahasiswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kelima factor yang melatarbelakangi mahasiswa dalam melakukan perilaku immoral antara lain factor keluarga (meliputi 80% keluarga yang tidak harmonis, 76,5% tidak mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orangtua, 56,5% komunikasi yang kurang baik antara anak dengan orangtuanya, 53,5% penerapan disiplin yang ketat dalam keluarga, dan 46,5% pengasuhan orangtua yang tegas dan keras), factor kehidupan keberagamaan dalam keluarga yaitu 56% kurang pemahaman mengenai ajaran agama yang dianut, factor kelompok pertemanan yaitu 73,5% berteman dengan orang yang baik maupun kurang baik, serta factor lingkungan sekitar yang 60% tidak ada control dari masyarakat atau kurangnya pengawasan dari orang-orang sekitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:50
Last Modified: 13 Jun 2016 02:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31856

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo