UMM Institutional Repository

PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( SMK3 ) DI PT. PATRA TRADING MALANG

MARDIKO, MUHAMMAD SYAUQI (2011) PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ( SMK3 ) DI PT. PATRA TRADING MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muhammadsy-21202-PENDAHUL-N.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-muhammadsy-21202-BAB+I.pdf

Download (44kB) | Preview

Abstract

Dalam Era Globalisasi sekarang ini, dunia industri tumbuh berkembang dengan sangat pesat. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa arus globalisasi tersebut membawa pengaruh besar bagi dunia industry, namun pemanfaatan teknologi dalam proses industri mengandung berbagai resiko. Penerapan K3 di tempat kerja merupakan upaya untuk mengendalikan dampak negatif yang ditimbulkan dari kegiatan industri guna menghasilkan produk barang dan jasa yang bermanfaat bagi masyarakat dan sekaligus sebagai upaya perlindungan terhadap asset perusahaan. Dalam operasional kerja suatu industri atau perusahaan , khususnya industri berat, tentunya mengandung potensi bahaya yang sangat tinggi (hazard). Kecelakaan, penyakit dan cedera dapat mengganggu jalannya suatu pekerjaan, mengganggu rutinitas dan pada akhirnya akan menimbulkan biaya tambahan dan kerugian lainnya. Suatu sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan kerja yang baik akan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman serta dapat mencegah dan mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta terciptanya tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Patra Trading Malang, penelitian dilaksanakan di PT. Patra Trading Malang dengan mengambil subjek yaitu Kepala Plant , Kepala Teknik dan Keselamatan dan kesehatan kerja serta lindungan lingkungan ( K3LL ) dan Kepala regu yang berjumlah tiga orang subjek. Pengambilan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil wawancara terhadap tiga orang subjek penelitian, menunjukan bahwa perusahaan telah secara maksimal mengimplementasikan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( SMK3 ). Hasil dari analisa data juga menunjukan bahwa PT. Patra Trading malang telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan kerja ( SMK3 ) dengan cara menetapkan beberapa peraturan, kebijakan dan komitmen, serta menetapkan SOP ( Standar Operasional Prosedur ) sebagai pedoman yang bertujuan untuk mencegah dan mengurangi potensi bahaya kecelakaan yang timbul dalam proses produksi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:47
Last Modified: 13 Jun 2016 02:47
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31854

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo