UMM Institutional Repository

FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI KONSEP DIRI POSITIF PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BERCERAI

Trislianto, Tomy Bayu Hana (2011) FAKTOR YANG MELATAR BELAKANGI KONSEP DIRI POSITIF PADA REMAJA YANG ORANG TUANYA BERCERAI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tomybayuha-21205-Pendahul-n.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-tomybayuha-21205-BAB+I+.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Konsep diri positif merupakan sikap dan pandangan atau persepsi individu terhadap seluruh keadaan dirinya yang positif mengenai dimensi fisik, psikologis, dan sosialnya sebagai hasil pengalaman dan interaksinya dengan orang lain. Masa-masa dalam pembentukan konsep diri adalah masa remaja. Dalam masa remaja, seorang anak akan mengalami masa-masa kritis yang sangat menentukan dalam pembentukan konsep dirinya ke depan. Hal ini karena pada masa ini, remaja dalam proses pencarian jati dirinya atau identitas dirinya. Keadaan orang tua yang bercerai sangat berpengaruh sekali terhadap pembentukan konsep diri remaja. Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan sebelumnya didapatkan bahwa remaja yang kedua orang tuanya bercerai akan memiliki konsep diri yang negatif. Namun demikian pada kenyataannya tidak semua remaja yang kedua orang tuanya bercerai akan memiliki konsep diri yang negatif, tetapi ada pula remaja yang memiliki konsep diri positif. Sehingga dari permasalahan tersebut menarik perhatian peneliti untuk untuk mengetahui Faktor-faktor yang melatar belakangi konsep diri positif pada remaja yang orang tuanya bercerai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Subjek yang akan digunakan adalah empat remaja dengan persyaratan tertentu yakni orang tuanya bercerai, subjek memiliki konsep diri yang positif. Sedangkan metode pengumpulan datanya adalah dengan wawancara dengan subjek berkaitan dengan hal-hal yang mempengaruhi konsep diri. Analisis data penelitian yang digunakan adalah analisis data Seiddel. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi yaitu memanfaatkan data di luar subjek untuk keperluan pengecekan dan pembanding data subjek. Triangulasi yang digunakan disini adalah yang memanfaatkan sumber yaitu data dari subjek dibandingkan dengan informan yang telah dipilih sesuai kriteria. Berdasarkan hasil penelitian, menujukkan bahwa faktor yang melatar belakangi konsep diri positif pada remaja yang orang tuanya bercerai yakni adanya dukungan sosial yang positif dari lingkungan antara lain teman dan masyarakat sekitar, tidak adanya labeling yang negatif, adanya dukungan dan perhatian yang lebih dari orang tua, dan yang terakhir adalah adanya modeling dari remaja yang lain yang memiliki konsep diri positif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:44
Last Modified: 13 Jun 2016 02:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31852

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo