UMM Institutional Repository

PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. PJB UP BRANTAS KARANGKATES

Hijrachman, (2011) PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. PJB UP BRANTAS KARANGKATES. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hijrachman-21206-PENDAHUL-N.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hijrachman-21206-BAB+I.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan hal penting di dalam setiap perusahaan karena melihat kecelakaan kerja yang terjadi melibatkan langsung dengan keselamatan kerja karyawan. Untuk menciptakan kondisi yang aman dan nyaman ketika bekerja dibutuhkan program keselamatan dan kesehatan kerja karyawan. Apabila perusahaan memiliki program keselamatan dan kesehatan kerja yang jelas dan berjalan dengan baik maka karyawan dapat berperilaku aman ketika bekerja. Sebelum karyawan berperilaku di lingkungan kerjanya, terlebih dahulu karyawan mempersepsi kondisi keselamatan dan kesehatan kerja yang terdapat di perusahaan. Ketika karyawan mempersepsi secara positif tentang program keselamatan dan kesehatan kerja yang ada diperusahaan maka karyawan memiliki kesadaran akan pentingnya keselamatan, kesadaran untuk mendukung dan ikut serta dalam program keselamatan dan kesehatan kerja yang telah di siapkan perusahaan. Begitu juga sebaliknya, apabila karyawan memiliki persapsi yang negatif terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja yang ada diperusahaan maka karyawan tidak memiliki kesadaran akan pentingnya keselamatan, dan tidak memiliki kesadaran untuk bertanggung jawab pada pekerjaan secara selamat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian adalah karyawan PT. PJB UP Brantas berjumlah 53 orang yang di ambil dengan menggunakan teknik total sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert yaitu skala persepsi karyawan terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja. Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah T-Skor. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi karyawan terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja. Dari hasil penelitian, didapatkan data bahwa persepsi karyawan terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di PT. PJB UP Brantas Karangkates memiliki persepsi yang positif yaitu sebesar 69,8% dan sebesar 30,2% lainnya memiliki persepsi yang negatif terhadap program keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang diberikan perusahaan. Sedangkan pada setiap indikator berdasarkan kategori tinggi yaitu pada indikator isolasi sebesar 66%, indikator pemakaian alat pelindung diri sebesar 66%, kemudian pada indikator asuransi sebesar 60,4%. Indikator substitusi, peringatan di tempat kerja, dan pemeriksaan kesehatan sama-sama sebesar 58,5%, indikator obet-obatan P3K sebesar 56,6%, indikator pengendalian sumber bahaya 54,7%, dan pada indikator pelatihan K3 yaitu sebesar 47,2%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 13 Jun 2016 02:40
Last Modified: 13 Jun 2016 02:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/31851

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo